Memasak Lenggang Praktis dengan Otak-otak Salimah Food

November 02, 2017


Hi sunners, ada yang tahu bait lagu ini: Mau makan nasi gudeg Yogya Bukan berarti harus ke Yogya , Cukup ada di sini, Dekat kita sendiri Kita tinggal menikmati,(tapi kita gak usah bahas lagu ini yah)
Begitu juga kalau kita mau makan pempek, bukan berarti kita harus ke Palembang, di sini juga ada. Di tempat kalian juga ada kan? Sebagai seorang yang berasal dari Palembang, sudah barang tentu saya selalu merindukan makanan khas daerah Sumatera Selatan tersebut. Saya merasa beruntung karena ditempat tinggal saya di Bengkulu ini saya bisa mendapatkan pempek ini dengan mudah. Sehingga kerinduan saya akan makanan khas Sumatera Selatan ini dapat terobati.

Akan tetapi,,,,,ada tapinya nih. Kebanyakan makanan dan jajanan  yang dijual dipasaran sekarang banyak yang mengandung penyedap atau msg. Tahunya dari mana mengandung msg? Tahu dong.. soalnya lidah saya sudah mulai sensitif sejak menikah, karena istri saya orang yang anti msg dan sejenisnya. Sehingga makanan yang saya makan akan terasa banget kalo mengandung penyedap. Walaupun mungkin kita susah untuk bebas dari penyedap, tapi setidaknya sebisa mungkin harus berusaha kita hindarkan, yah demi kesehatan. Kalau di luaran kita terpaksa makan  makanan yang  mengandung penyedap, ya kita usahakan makanan yang kita konsumsi di rumah tidak mengandung penyedap.

Keresahan saya akan adanya makanan kesukaan seperti pempek dan jajanan lainnya yang tidak mengandung banyak penyedap akhirnya terjawab, sejak ikut kelas Blogger ke 3. Disana kami dikenalkan dengan frozen food atau makanan beku Salimah Food.

Apa itu Salimah Food?
Salimah food adalah produk makanan beku (frozen food) berkualitas yang diproduksi oleh PT. Salimah Prima Cita, perusahaan yang digagas dan didirikan oleh para aktivis Organisasi Massa Perempuan Persaudaraan Muslimah ( Salimah ). Perusahaan ini berkomitmen untuk menghadirkan produk yang halal, sehat dan praktis yang diharapkan menjadi alternatif pilihan bagi konsumen yang memperhatikan kehalalan dan kesehatan produk.

Produk Salimah food diantaranya merupakan produk olahan ikan dengan berbagai varian, seperti: kaki naga  udang, kaki naga ikan, kekian, keong mas, nugget ikan, mpek-mpek, otak-otak bulat, otak-otak panjang, baso ikan spesial, bakwan ikan,sambosa, tuna rol, udang roti, salmon rol, ekado, roti maryam, siomay, tahu bakso, tekwan, kebab dan dimsum.  Karena berasal dari olahan ikan sehingga rasanya akrab  di lidah saya yang penyuka pempek ini, dan inilah yang menjadi alasan saya untuk suka dengan produk dari Salimah Food ini.

Di sampaing itu ada beberapa keunggulan yang bisa menjadi alasan mengapa kita memilih produk Salimah Food :
  1. Halal  : Diproses memakai bahan bahan yang halal dan telah memperoleh sertifikat Halal MUI.
  2. Sehat : Diproses secara higienis dengan memakai ikan segar berkualitas.
  3. Aman : Tidak memakai pengawet dan zat-zaf berbahaya lainnya.
  4. Lezat : Racikan bumbu-bumbu menjadikan olahan ikan semakin lezat. Tersedia 20 jenis olahan ikan dengan aneka pilihan rasa yang bervariasi.
  5. Praktis : Dapat disajikan dengan cara direbus, dikukus, digoreng dan dioven. Sangat menolong mengurangi kesibukan di dapur.

Seiring  dengan komitmen dari Salimah Food untuk menghadirkan makanan yang praktis, berikut ini saya akan mencoba membagikan resep praktis kreasi saya, yaitu :

Lenggang Otak-otak Salimah Food.
a. Bahan-bahan Lenggang:

  1. Otak-otak Salimah Food : 5 buah.
  2. Telur ayam : 1 butir
  3. Minyak Goreng : 2 sdm
Cara membuat:

  • Potong otak-otak Salimah Food kurang lebih seruas jari, atau sesuai keinginan
  • Kocok telur sampai merata
  • Masukkan potongan otak-otak Salimah Food kedalam kocokan telur aduk pelan sampai rata
  • Panaskan minyak goreng di dalam teflon, goreng campuran otak-otak dan telur tadi dengan api kecil, biarkan sampai masak satu sisi, kemudian balik untuk sisi yang lain. Jika dirasakan sudah masak merata dapat diangkat.
Masak prkatis dengan Salimah Food


b. Lenggang ini dapat dimakan dengan saos cabe botolan atau dengan cabe rawit seperti makan gorengan. Kalau saya lebih suka dengan kuah (cuka pempek ).
Bahan-bahan untuk membuat cuka nya:

  1. Gula Merah : 250 gram
  2. Asam jawa : 25 gram
  3. Cabe Rawit : 10-15 buah dihaluskan
  4. Bawang putih : 3-5  siung dihaluskan
  5. Ebi : 1 sdm , haluskan
  6. Garam : 1 sendok the (secukupnya)
  7. Air : 2,5 gelas

Cara membuat :

Campurkan air dan gula merah, asam jawa, didihkan dengan api kecil,masukkan bawang putih, cabe rawit, ebi dan garam. Dalam memasukkan cabe dan garam hendaknya sambil dicicip agar sesuai dengan selera. Setelah mendidih lalu angkat.

Hidangkan lenggang bersama cuka yang dicampur irisan timun cincang.

Sebenarnya lenggang aslinya adalah salah satu varian dari pempek, yang proses memasaknya dengan dengan cara dipanggang atau digoreng. Umumnya dibuat dari  pempek lenjer yang dipotong-potong dikocok bersama telur ayam, digoreng dengan sedikit minyak hingga adonan telur dan pempek menyatu (Wikipedia).
Karena mama-papa jaman now mau yang serba praktis, maka untuk membuat lenggang kita bisa gunakan Salimah Food. Salah satu sajian praktis lainnya yang patut kita coba adalah Nuget Ikan Goreng Salimah Food.

Jadi teman-teman bisa juga mengkreasikan varian produk dari Salimah Food, sesuai dengan selera dan hobi masing-masing. Selain praktis, Salimah Food juga mudah didapat karena  sudah tersebar di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Bengkulu saja ternyata sudah berdiri sejak bulan April 2016, menyebar selain di Kotamadya Bengkulu juga ke Kabupaten seperti; Muko-muko, Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang, Benteng, Seluma, Bengkulu Selatan bahkan Kaur.

Untuk teman-teman yang memerlukan informasi tentang Salimah Food, dapat juga berkunjung langsung ke media onlie nya: www.salimahprimacipta.com sebagai pusatnya
Sedangkan untuk pemesanan produk Salimah Food di Kota Bengkulu, dapat menghubungi :
Hermansyah,
Jl, Beringin No. 65 A RT.6 RW. 02  Padang Jati ( Rumdin Kehutanan Depan Golkar Kota Bengkulu)
WA/Hp : 081539222225.
Instagram: @salimahfoodbengkulu
Fb:Salimah Provinsi Bengkulu

You Might Also Like

6 komentar

  1. Balasan
    1. Iya mas, soalnya istri baru habis melahirkan,,jadi ya terpaksa harus masak sendiri,,lagian biasalah saya juga mantan anak kos.

      Hapus
  2. Klo begini kita buka warung kuliner aja say..lezat banget soalnya si lenggang otak2 buatan kamiyu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa-bisa,,join dulu sama Salimah Food

      Hapus
  3. ia ya mas, dilenggang aja, enak itu pasti

    BalasHapus
  4. praktis dan enak lagi mbak..

    BalasHapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini


Komunitas Blogger Bengkulu

Postingan Populer


Ikatan Majelis Tilawah Al-Qur'an Bengkulu