Sejuta Cerita Menjadi Blogger di Bengkulu

Mei 31, 2018

Assalamualaikum, hai sunner. Alhamdulillah kabarnya baik kan yah?
Kali ini aku mau berbagi tentang ceritaku bersama Bobe, baca sampai tuntas yah..
Pada Minggu siang yang cerah, aku pergi mengantar istri karena ada acara di komunitas yang ia ikuti. Walaupun cuaca cukup panas, tak menghalangi niat kami untuk berangkat. Dengan santai aku memacu kendaraan menyusuri kawasan Pantai Panjang Bengkulu karena acara yang dimaksud adalah berlokasi di salah satu cafe atau tempat nongkrong kekinian Vilco coffe  di kawasan Pantai Panjang Bengkulu. Masalahnya adalah kami belum tahu lokasi cafenya dimana, hanya berbekal keterangan bahwa lokasinya di dekat kawasan Sport Center. Sampai di Sport Center, laju motor kuperlambat sambil terus fokus mencari cafe yang dimaksud, dan alhamdulillah akhirnya ketemu sebuah Mobil Antik yang bertuliskan Villco Coffe yang diparkir pas di depan cafe. Yeay inilah tempatnya.

Sampai di lokasi ini, sudah tampak beberapa orang berseragam biru  yang bertuliskan I' m Blogger. Tak ada yang menarik perhatianku, dan sampai disini aku masih belum ngeh ini komunitas apaan. Kebetulan saat aku mau beranjak pergi, turun hujan sehingga mesti menunda dulu niat untuk pergi dan berteduh dulu.(emang cuaca tak pernah bisa kita tebak) Tak ada pilihan lain selain berteduh di cafe ini.  Memang sih istri mengajak untuk ikut gabung saja, hanya saja aku mesti tahu diri kan yah, karena aku bukan anggota.  Aku memposisikan diri menepi saja dan  tidak berani gabung dengan komunitas ini. Kau bayangkan saja lah aku seperti sopir grab yang sedang menunggu pelanggan, begitulah kekira aku saat itu.( apolah sayo weh..) 

Tanpa disadari bahwa hujan telah membawaku larut dalam keterpaksaan untuk ikut menyaksikan acara komunitas istriku ini, dan ternyata acaranya adalah Milad Bobe yang ke-1. Kuikuti acara demi acara hingga usai. Diantara keseruan acara mereka, dalam hatiku berkata: "seru banget acara mereka ini, sayang sekali aku cuma sebagai penonton dan tidak bisa ambil bagian dalam acara yang seseru ini". Oh iya waktu itu aku cuma bermanfaat sebagai tukang foto amatiran aja. Kau anggap aja  aku fotografer profesional yang sedang motoin 3 diva Bobe lah yah, cekrek,,,ini hasilnya:
milad blogger bengkulu pertama
Anggap aja ini 3 Diva Bobe yah (dok. pribadi)


Setelah acara tersebut aku mulai kepo lah bertanya kepada istri, tentang blog dan blogger, bagaimana cara untuk ikut komunitas Bobe tersebut. Katanya tunggu ada penerimaan atau kelas baru. Kusampaikanlah  ketertarikan untuk ikut gabung dengan Bobe dan ingin ikut jika ada penerimaan kelas baru.

Waktu berlalu, gayung bersambut dan sepertinya keinginanku akan segera terkabul, manakala  istriku mengabarkan bahwa akan ada Kelas Workshop1bobe khusus untuk blogger pemula. Tanpa pikir panjang aku segera daftar untuk ikut.

workshop blogger
Kelas Workshopbobe1 ( sumber : screenshot IG Bobe )

Waktu yang saya tunggu-tunggu pun tiba, Minggu 03 September 2017 akhirnya jadi juga saya ikut kelas Workshop1bobe. Di kelas ini aku mulai belajar tentang blog, membuat blog dari awal banget. Inilah langkah awalku untuk mulai ikut dalam komunitas Bobe, walaupun saat itu belum langsung bisa diterima sebagai Bobe ( iya dong, kan baru belajar ). Untuk bisa diterima sebagai anggota Bobe mesti memenuhi syarat dan kriteria dulu, so abaikan itu yang penting belajar dulu. Dalam pelaksanaan Kelas Workshop1bobe itu kami ditantang untuk latihan menulis cepat, melaporkan kegiatan yang dilakukan saat itu di blog dan langsung di publish. Dan ini dilombakan, dipilih 2 tulisan terbaik dan hadiahnya adalah free untuk ikut Kelas Blogger 2. Jujur saja saat itu aku publish tulisan tanpa target hadiah, hanya menjalankan kewajiban saat itu.

Jelang dua pekan berlalu setelah mengikuti Kelas Workshop itu, aku dikejutkan oleh ucapan selamat dari sang istri yang lebih duluan membaca pengumuman di group WA Bobe. Disitu disebutkan namaku sebagai salah satu dari dua orang pemenang dalam lomba menulis di Kelas Workshop1 itu. Bukan main bahagianya aku saat itu kawan, ingin rasanya kupeluk istriku saking senangnya,( kayak di sinetron-sinetron alay wa lebay gitu ) tapi gak jadi takut ada yang baper, soalnya saat itu kami sedang di tempat umum, tepatnya di salah satu distro yang ada di kawasan depan Bencoolen Mall Bengkulu

Hadiah menulis dari Kelas Workshop1 yaitu gratis ikut Kelas Blogger2,  kumanfaatkan dengan baik kesempatan ini. Minggu 17 September 2017 acaranya di gelar, aku dan istri pun ikut. Biasanya aku hanya sebagai tukang antar jemput istri kalau ada acara Bobe, nah sekarang aku bisa ikut juga nimbrung, seru kan belajar bersama Bobe bareng istri. Jadi kalo pake istilah pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, nah kalo kami sekali tancap gas berangkat bareng sekeluarga, iya saat itu istriku lagi mengandung Ney . Eh situ masih jomblo? Buruan nikah deh, nikah itu banyak pahala.
Kembali ke Kelas Blogger 2, acara ini bertema " Branding sosial media dan Blog" dengan mengundang pembicara Sofian Rafflesia atau akrab disapa bang Pian. Beliau Sutradara Film Gading dan Fotografer. Senang banget karena bang Pian mau berbagi ilmu dan banyak pengalamannya yang sering memenangkan berbagai lomba fotografi. Dari Kelas Blogger2 ini juga kami mendapat tugas untuk mereview tentang Kopi Gading Cempaka Bengkulu. Nah setelah memposting tulisan tersebut akhirnya aku resmi didrop in ke Komunitas Bobe.

Heitt,,,jangan beranjak dulu mau tau ngapain aja bersama Bobe selanjutnya kan?

1. Mengikuti Kelas Workshop2 Bobe
Kegiatan ini diadakan di Kantor Radio B-One FM pada tanggal 08 Oktober 2017. Kegiatan ini mengambil tema : Cara Mudah Bikin & Mempercantik Tampilan Blog . Kelas ini keknya cuma untuk bobe junior saja, karena pesertanya tidak terlalu banyak dan tidak ada bobe senior yang ikut. Makasih untuk mentor yang sudah mengajariku sekilas tentang template blog, mbak Zefy dan mbak Ria Gia. Sampai sekarang aku juga masih sering tanya-tanya via WA kalo kebentur masalah (masalah template loh ya bukan masalah hati.. ).
sejuta cerita menjadi blogger bengkulu
Belajar otak-atik template (dok. pribadi )



2. Mengikuti Kelas Blogger 3
Nah kalo Kelas Blogger 3 ini, pesertanya gabungan bobe senior dan junior pun ada. Acara bertempat di Gedung Telkom Simpang Lima Bengkulu pada tanggal 22 Oktober 2017. Tema yang diangkat saat itu adalah " Cara Mudah Bikin Review Produk yang Menarik ". Disini kami diajarkan bagaimana menulis review produk dengan semenarik mungkin dengan bahasa yang ringan enak dibaca, jujur  dan jangan terkesan ngiklan, bisa menggunakan panduan 5W+1H dalam penulisan. Makasih ya kak Milda  dan kak Ria Fasha dah berbagi ilmu disini, semoga manfaat.
sejuta cerita menjadi blogger bengkulu
Belajar mereview #kelas blogger 3 ( dok. pribadi )


3. Mengikuti Internet Baik di Hotel Santika
Aku mgerasa beruntung sebagai blogger khususnya Bobe, karena bisa mengikuti kegiatan Seminar Internet Baik yang diadakan oleh Telkomsel pada tanggal 05 Desember 2017 bertempat di Hotel Santika Bengkulu. Merasa beruntung kenapa? Ya iyalah bisa dapat ilmu baru untuk bagaimana secara bijak memanfaatkan internet khususnya media sosial. Menggunakan internet secara BAIK; Bertanggungjawab, Aman, Inspiratif dan Kreatif. Kalo nggak bersama Bobe belum tentu bisa ikut acara kek gini khan?
Sejuta cerita menjadi blogger bengkulu
Internet itu BAIK ( dok. pribadi)


4. Mengikuti Kelas Blogger 8
Karena kesibukan ada banyak Kelas Blogger yang tidak bisa kuikuti, hingga pada tanggal 25 Maret 2018 baru lah aku bisa gabung kembali. Kali ini kegiatan dengan tema Menulis Liputan Blog, diadakan di Lantai 3 Gedung Graha Pena Bengkulu Ekspress. (lagi-lagi khan, kalo nggak karena Bobe, ngapain juga aku berani-berani nerobos kantor harian surat kabar Bengkulu ini). Di sini belajar lagi, iya belajar menulis liputan bareng mbak Zalmi Herawati yang berpengalaman dalam liputan. Makasih kak Zalmi udah berbagi ilmunya. Nah imbas dari ikut kelas ini, kita dikasih tantangan untuk ikut nulis serempak, dan Alhamdulillah syukur, tulisan tentang Menulis Liputan Blogku terpilih sebagai salah satu pemenang. Gak percaya lihat aja di IG Bobe
Bagi kalian mungkin biasa, bagiku luar biasa banget, tulisan dibaca orang aja udah syukur apalagi menang , jadi motivasi untuk belajar lagi. 

5. Mengikuti Flash Blogging bersama Kemkominfo
Bersyukur lagi nih sebagai blogger, bisa ngikut acara sekaliber ini. Event ini diselenggarakan oleh Kemkominfo dan Tim Komunikasi Presiden, yang mengangkat tema " Menuju Indonesia Maju".  Gak tanggung-tanggung, pembicaranya dari ibukota kawan. Menyampaikan pandangan dari sudut Istana ada Pak Andoko Darta  dan Mbak Mira Sahid yang menyampaikan materi seputar dunia blogging. Keren kan acaranya. Karena Bobe  juga aku bisa disini.
Sejuta cerita menjadi blogger bengkulu
Ups...abaikan logo Bobenya ya kawan ( dok. pribadi )


6. Mengikuti Kelas Blogger 9
Di kelas blogger 9 ini hampir saja kami berangkat sekeluarga, cuma berhubung cuaca sangat panas dan kasihan kalo ajak Ney, jadi akhirnya berdua saja sama istri.(mumpung ada yang ngasuh ). Kegiatan dilaksanakan di Rumah Tahfidz Bhakti Ilaahi Bengkulu, pada tanggal 29 April 2018. Kegiatan kali ini agak bernuansa religius, emang disengaja karena jelang Ramadhan jadi Bobe perlu juga mendapatkan tausyiah. Nah tausyiah blogger ini berkaitan dengan perannya blogger sebagai penulis, jadi kita diajak untuk menulis dan menyebarkan konten-konten positif yang diharapkan untuk membawa kebaikan. Untuk menolong agama Allah juga bisa dilakukan dengan menulis. Selain itu  dari kegiatan ini juga dilakukan donasi dari Bobe untuk Rumah Tahfidz Bhakti Ilaahi ini. Di Kelas Blogger 9 ini kami juga ditantang Bobe untuk menulis serempak, dan Alhamdulillah puji syukur, tulisan tentang Tausyiah Blogger di Rumah Tahfidz Bhakti Ilaahi Bengkulu terpilih lagi sebagai pemenang. Dapet hadiah Buku Smart and Happy Mom dan duit. (Tak perlu kau tanya jumlahnya berapa yah, yang penting ini untuk motivasi biar terus menulis dan menulis menebar kebaikan). Senang pake banget pokoknya.
Sejuta cerita menjadi blogger bengkulu
Dapat hadiah buku yang langsung diserahkan oleh penulisnya ( foto by Mama Ney )


Nah segitu saja dulu cerita bareng Bobe yang bisa kuceritakan sekarang yah, semoga bisa menjadi bagian dari Sejuta Cerita Menjadi Blogger di Bengkulu.  Bagi kalian mungkin biasa saja, hanya tulisan blogger emperan, tapi aku gak peduli, setidaknya aku sudah memulai untuk berbagi manfaat.

You Might Also Like

17 komentar

  1. Semangat sayangkuh... Biar aja blogger emperan, asal membawa manfaat. Alepyu martubi tubi lah pokoknya.

    BalasHapus
  2. Waah.... tulisannya keren kak,pembaca tidak bisa membaca penulisnya kak, tapi dari tulisannya pembaca akan tau siapa penulisnya... keren pokonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak,,semangat menulis sama-sama mak.

      Hapus
  3. Banyak juga ya bang kelas2 bloggernya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,,banyak juga yang saya bolosnya,hehehe

      Hapus
  4. sungguh aku iri kalau ada pasangan suami istri yang hobinya sama. Semangat nulis terus ya om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak adis,,iri untuk kebaikan boleh-boleh aja biar jadi motivasi

      Hapus
  5. Dapat jodohnya melalui blog jga nggak kak? Hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak dek,,berjodoh dulu baru ngeblog. Cerita tentang jodoh sile mampir di rumah sebelah: wwwdotdahliasiregardotcom (dotnya ganti titik ya). Promosi wkwkwkw

      Hapus
  6. Wah.
    Banyak ya kak kegiatannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslinya banyak banget, cuma kita harus selektif agar tidak mengganggu pekerjaan. Artinya saya memilih ngeblog yang tidak menggangu pekerjaan.

      Hapus
  7. Wah..cerita yg menarik..apalagi ada kalimat situ masih jomblo? Buruan nikah..wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe,,mengingatkan kak. Semoga semua akan berjodoh dengan indah pada waktunya.

      Hapus
  8. “Apolah sayo wee”. Haha asli ngakak di bagian itu bang. Btw, pas Bobe milad ke-1 kemarin, Intan masih di Bintuhan sana, masih susah mau gabung sama Bobe di event offline. Syukurlah sekarang di Bengkulu, bisa ngintilin Bobe kemana-mana.

    Bang, omong-omong apa rasanya satu hobi sama istri? Pasti senengnya seneng banget ya. Pergi bareng, belajar bareng, grow up bareng. Wah aku pengen juga someday bisa begitu dengan seseorang. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng sih pasti Ntan,merasa selalu ada partner dan lebih ke saling memotivasi. Misal istri nulis, ada perasaan rugi kalo saya nggak nulis, begitu sebaliknya.
      Semoga keinginanmu bersama seseorang itu segera terwujud,,aamiin.

      Hapus
  9. Blogger Tangerang sayangnya tak seaktif Bengkulu... jadi pengen pindah ke Bengkulu :D

    BalasHapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini


Komunitas Blogger Bengkulu

Postingan Populer


Ikatan Majelis Tilawah Al-Qur'an Bengkulu