PERBAIKI IMAN, IBADAH DAN AHLAK

Assalamualaikum sahabat,,semoga semua sehat dan bahagia yah..aamiin.
Kali ini saya membagikan catatan yang saya petik dari khutbah Jumat di Masjid Raudhatul Jannah yang disampaikan oleh Ust.H.Syukraini Ahmad, MA. sebagai berikut;

Kita sudah meninggalkan tahun 2017 dan memasuki minggu ke tiga di tahun 2018, sudah semestinya kita melakukan perbaikan, diantaranya yang utama yang harus kita perbaiki yaitu : Iman, Ibadah dan Ahlak.

1. Iman
Iman itu bisa bertambah dan berkurang. Al imanu yazidu wa yanqushu, yazidu bith tho'ah wa yan qushu bil ma'shiyah. Iman itu akan bertambah dengan ketaatan kepada Allah dan berkurang dengan kemaksiatan. Karena itu hendaklah kita meningkatkan  ketaatan kepada Allah SWT. Hendaklah kita memperbaiki diri kita, meyakini bahwa Allah memiliki sifat yang sempurna, Allah Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Mengawasi serta Maha Mengurusi, karena itu janganlah kita melakukan hal-hal yang tidak baik, kejahatan, penipuan dan keburukan lainnya. 
Untuk menjaga iman kita, diingatkan oleh Allah SWT dalam surah Lukman ayat 13 :

 لا تشرك بالله إن الشرك لظلم عظيم .......
La tusyrik billah innasyirka lazulmun 'aziim
artinya : 
" Janganlah kamu  mempersekutukan  Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang besar"
Jangan sampai mempersekutukan Allah  dengan sesuatu apapun, percaya kepada tukang ramal, percaya kepada orang yang mengetahui tentang masa depan, yang akan terjadi padahal sesuatu itu yang ghoib, karena itu jagalah iman kita. Hendaklah kita memperbaiki terus dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.
musholah wahana surya
Foto diambil di Musholla Taman Wisata Wahana Surya, 31 Des 2017


2. Ibadah 
Mengkoreksi ibadah kita, amal kita selama ini, di tahun ini hendaklah kita tingkatkan. Diantara ibadah ada yang Mahdhah dan Ghoirumahdhah (ditentukan dan tidak ditentukan). Yang utama ibadah yang harus kita perbaiki adalah ibadah sholat kita. Karena sesungguhnya ibadah sholat itu besar sekali manfaatnya. Dari segi pahala, sholat berjamaah disebutkan : "Sholatul jama'ah afdholu min sholatil fadzdzi bi sab'in 'isyrina darojah " "Sholat jamaah lebih utama dari sholat sendirian sebanyak 27 derajat. HR. Bukhari dan Muslim"

Kemudian keutamaan sholat adalah mampu mencegah daripada perbuatan keji dan munkar. Jangan sampai kita melakukan perbuatan yang tidak baik yang dilarang oleh Allah. 
Di akhirat nanti, ibadah sholat itulah yang pertama kali akan dihisab, akan dihitung, diteliti oleh Allah SWT, dan amalan lainnya akan menyusul. Dalam hadist disebutkan: "Awwalu ma yuhasabu bihil abdu yaumal qiyamah assolah ".Yang pertama kali dihisab pada hari kiamat kelak adalah Sholat.
Oleh karena itu kita perlu menjaga, memperbaiki ibadah sholat kita  sebagaimana diperintahkan dalam Al-Qur'an, Al-Baqarah 238 : 
حافظوا على الصلوات والصلاة الوسطى وقوموا لله قانتين
"hafidzu 'alas sholawati wassolatil wustho, wakumu lillahi qonitin" , 
"Peliharalah segala sholat mu dan peliharalah sholat wusthaa. Berdirilah karena Allah (dalam sholatmu) dengan khusyuk". Jadi hendaklah kita senantiasa meningkatkan ibadah kita jangan sampai merosot.

iman ibadah ahlak
Semoga anak-anak ini senantiasa istiqomah dalam iman,ibadah dan ahlak yang baik.
3. Akhlak
Hendaklah kita memperbaiki ahlak kita. Rasulullah bersabda: "Ittaqillaha haitsu maa kunta wa'atbi'is sayyiatal hasanata tamkhuha  wa kholiqinnasi bi khuluqin hasan"
"Bertakwalah kamu kepada Allah dimana saja kamu berada, iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya perbuatan baik akan menghapusnya (perbuatan buruk). Dan berprilakulah terhadap sesama manusia dengan ahlak yang baik" 
Jadi keburukan yang pernah kita lakukan, baik sengaja atau tidak sengaja hendaklah bertaubat kepada Allah, kemudian banyak melakukan kebaikan-kebaikan, serta berprilaku dengan akhlak yang baik.
Diatara ahlak yang perlu kita jaga adalah adalah: hendaklah kita berlaku lemah lembut,berkasih sayang diantara kita,  jangan berlaku kasar atau bersikap sombong karena sesungguhnya  Iblis laknatullah dikeluarkan oleh Allah SWT dari surga disebabkan karena sifat sombongnya.


Semoga kita semua termasuk orang yang mampu menjaga iman kita, memperbaiki ibadah dan ahlak kita, dengan demikian kita akan bahagia dan selamat dunia akhirat. Aamiin ya robbal alamin.

{Semoga bermanfaat}

22 komentar

  1. Di antara banyaknya keinginan yang ingin didapat tahun ini semoga iman kita makin teguh, ibadah makin lancar, dan akhlak bisa diperbaiki agar hubungan sesama makhluknya berjalan harmonis. Aamiin, terima kasih tulisannya sudah mengingatkan saya kak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak, mari saling mengingatkan

      Hapus
  2. aamiin

    memang memperbaiki akhlak itu sangat penting ya mas, dengan memperbaiki akhlak maka secara tidak langsung kita memperbaiki kualitas negeri ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah mbak,,betapa bahagianya kita kalau negeri ini aman damai tentram,,gak pake keributan kerusuhan dimana-mana.

      Hapus
  3. betul bg, sekarang banyak orang islam tapi tak mencerminkan islam.
    Iman, ibadah dan akhlak senantiasa selalu kita ingetin agar tetap ga lari dari islam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita tetap istiqomah ya bro..

      Hapus
  4. Aamiin ya Rabb.. terima kasih remindernya Pak :)

    BalasHapus
  5. Bermanfaat bang, memang manusia perlu banyak memperbaiki diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,,semoga kita tidak lalai untuk selalu memperbaiki diri

      Hapus
  6. Amiin.... self reminder juga nih buat saya, memperbaiki akhlak dan meningkatkan ibadah... semoga ke depannya menjadi pribadi yang lebih baik lagi....

    BalasHapus
  7. Aamiin semoga kita bisa memperbaiki kualitas iman, ibadah dan akhlak di tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk salah satu resolusi tahun ini ya mbak,,heheh

      Hapus
  8. Semoga kita selalu dalam pelukan hidayah Allah sampe ajal menjemput..

    BalasHapus
  9. Duh terimakasih sudah dituliskan di sini. Jadi diingatkan lagi untuk memperbaiki akhlak

    BalasHapus
  10. Tahun baru, semoga iman & akhlak juga makin diperbarui menjadi lebih balik dari sebelumnya. Aamiin :)

    BalasHapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini