Cara Gampang Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Corner Bencoolen Mall Bengkulu


syarat bayar pajak samsat corner


Assalamu'alaikum sobat ..sehat semua kan ya? Aamiin.
Sobat semua tentu di rumahnya pasti ada kendaraan, baik itu sepeda motor atau mobil. Nah, saya cuma mo ngingetin, dah bayar pajak belum. Buruan yuk cek notice pajak dibalik STNK, tanggal berapa jatuh temponya. Jangan sampai lewat jatuh tempo yah, kalo lewat jatuh tempo alias telat bayar alamat akan kena denda. Dari pada kena denda mending buat jajan.

Dah cek notice pajaknya? Kalo dah jatuh tempo atau sudah mendekati jatuh tempo yuk kita bayar pajaknya. Bayar pajak gampang kok, gak repot-repot amat, apalagi sekarang di Bengkulu  sudah ada Samsat Corner Bencoolen Mall. Jadi bisa bayar pajak sekalian jalan ke mall. Biar tidak bolak balik dan gampang bayar pajaknya, baiknya persiapkan berkas persyaratan bayar pajak kendaraan dari rumah, sehingga sampai di tempat kita langsung menyerahkan berkas.

Persyaratan pembayaran pajak adalah sebagai berikut:
1. STNK ASLI
2. KTP  ASLI sesuai dengan yang tertulis di STNK
3. Fotocopy KTP
4. Tentu saja uang yang cukup.

Bagaimana cara mengetahui berapa jumlah pajak yang harus kita bayar?
Sebelum kita ke kantor Samsat Corner ada baiknya kita persiapkan dulu berapa jumlah uang yang kita perlukan untuk membayar pajak. Hal ini diperlukan agar kita tidak bolak balik karena  uang  yang kita bawa tidak cukup. Sebagai gambaran untuk mengetahui berapa kisaran uang yang harus kita siapkan adalah dengan melihat lembaran Notice Pajak. Perhatikan dan jumlahkan nilai yang tertulis di baris : PKB, SWDKLLJ, dan PENGESAHAN STNK seperti contoh gambar di bawah ini:


tarif pajak kendaraan
Panduan penghitungan jumlah pajak kendaraan.

Proses pembayaran pajak di Samsat Corner Bencoolen Mall
1. Jika berkas persyaratan 1-3 seperti yang tertulis di atas sudah lengkap, serahkan kepada petugas pendaftaran untuk diproses. Kita tinggal menunggu di area tunggu yang sudah dipersiapkan.

2.  Setelah data diproses selanjutnya nama kita akan dipanggil di bagian KASIR. Di sini kasir akan menyebutkan  berapa jumlah pajak kendaraan yang harus kita bayar, setelah membayar kita akan mendapatkan bukti setor.


3. Jika sudah mendapatkan bukti setor, kita menunggu lagi proses selanjutnya yaitu penyerahan STNK. setelah diproses  nama kita akan dipanggil oleh petugas penyerahan, namun sebelum diserahkan kita diwajibkan membayar dulu biaya pengesahan STNK, nilainya seperti yang tertulis di notice pajak. Ada perbedaan biaya Pengesahan STNK antara motor dan mobil seperti yang terteradalam gambar berikut :

Tarif yang berlaku saat saya bayar pajak bulan Desember 2017

4. Setelah membayar biaya pengesahan, kita akan menerima STNK yang sudah dicap dan KTP asli yang tadi kita serahkan saat pendaftaran.

5.Terakhir kita isi buku penyerahan, dan selesailah proses bayar pajak kendaraan kita.



Gampang kan bayar pajak, yuk jadi warga yang taat pajak.

31 komentar

  1. Saya barusan bayar pajak kak, saya taat

    BalasHapus
  2. Mantap kak..lanjutkan. biar jalan kita lebih dibaguskan pemerintah lagi.

    BalasHapus
  3. Wah... nice artikel ini kak, membantu sekali untuk yang akan bayar pajak... ^^ besok-besok bolehlah ya kak share tentang cara buat SIM zaman now.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat SIM nya dulu banget,jadi kalo mau share kayaknya mesti riset dulu. Mbk belum buat SIM kah?

      Hapus
  4. Bayar pajak kendaraan praktis ya, samsatnya ada di mall. Jadi kalau bosan nunggu antrian sekalian cuci mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kak,,bayar pajak dapat, belanja di mall juga dapat,,,tinggal dompet yang teriak,,hehehe

      Hapus
  5. Artikelnya berguna banget kak, bisa nambah pengetahuan buat yang blm tau. Makasih sharingnya :)

    BalasHapus
  6. Biar nggak punya kendaraan, yang penting tau dulu prosesnya kayak gimana. Biar nanti kalau udah punya prosesnya gampang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap,,siap sejak dini kan ya?

      Hapus
  7. Semoga ke depan pelayanan samsat semakin prima,aamiin

    BalasHapus
  8. samsat emg hrs punya pelayanan prima, krn berhubungan dgn kepentingan org2 byk... 😊👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,dengan demikian orang tidak malas untuk bayar pajak

      Hapus
  9. Memang enaknya bayar di mall, lokasinya strategis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekalian bisa nge-mall kan mbak

      Hapus
  10. Bayar pajak di mall bisa sekalian cuci mata kak, hehe

    BalasHapus
  11. Wah pas banget bentar lagi mau bayar pajak. Biasanya suami yang bayarin �� abis baca ini jadi tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kalo suami lagi sibuk, bisa bayar sendiri kan mbak...

      Hapus
  12. Saya blm pwenah bayar pajak di samsat corner yg ada di mall. Yuk bayar pajak utk Indonesia yang lebih baik. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba kak, ke mall sekalian bayar pajak atau sebaliknya bayar pajak sekaluan ke mall. Terima kasih sudah mampir ke rumah maya saya.

      Hapus
  13. Apa Bencoolen itu artinya Bengkulu? Sejarahnya bagaimana? Karena waktu aku masih kerja & sering dapat tugas ke Singapura dulu, hotel langganan kantor itu letaknya di jalan Bencoolen. Kok bisa sama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut informasi yang saya pernah baca. Bencoolen itu adalah Bengkulu. Bengkulu pernah dijajah Inggris, dan orang Inggris menyebut Bangkahulu atau Bengkulu dengan Bencoolen. Kalo hubungan dengan Singapura,mungkin nama tersebut pemberian dari Inggris, karena Inggris juga pernah berjaya di Singapura.

      Hapus
  14. NIce sharing kak. Belum apalagi pajak motor lagi mati nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih. Yuk buruan bayar biar gak bertambah banyak dendanya.

      Hapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini