Sejarah Masjid Raudhatul Jannah Perumahan Graha Asri Bengkulu

Mengawali bulan Oktober ini, saya coba untuk menulis tentang Taman Surga yang ada di depan rumah ( ups,,tamannya tak nampak, hehe..)
masjid bengkulu

Ouh, masjid? Tepat sekali. Sebuah masjid di depan rumah yang bernama Raudhatul Jannah, yang artinya Taman Surga, ini sejarahnya;

Kami tinggal di Komplek Perumahan Graha Asri, yang berada di Kelurahan Pekan Sabtu, Kecamatan Selebar Kotamadya Bengkulu. Komplek Perumahan Graha Asri, merupakan kawasan perumahan sederhana, yang dihuni oleh warga yang berasal dari berbagai suku (pendatang). Sebagai wilayah yang penduduknya mayoritas muslim, sudah selayaknya memiliki fasilitas tempat ibadah yaitu masjid. Maka atas kesepakatan bersama seluruh warga, dengan dibawah komando dari Bapak Asmadi, S.Kom selaku ketua RT.23 dan Bapak Arivai Cik Yan selaku ketua RT.24 beserta Ketua RW.09 Bapak Heri Adnan, SH mendesak Pihak Developer Pembangunan Perumahan Graha Asri ( PT. Yagama ) untuk segera mendirikan masjid. Alhasil keinginan warga disetujui dan proses pembangunan masjid ini mulai direalisasikan  pada tanggal 03 Maret 2014. Pembangunan diawali dengan peletakan batu secara simbolis oleh perwakilan dari Bank BTN dan Bapak Yudi Dharmawansyah selaku pimpinan PT.Yagama dan menetapkan namanya Masjid Raudhatul Jannah (Taman Surga ).
graha-asri-bengkulu

Dalam prosesnya, pembangunan masjid Raudhatul Jannah berjalan sangat lambat, pembangunan sering terhenti yang diakibatkan gangguan perekonomian yang terjadi di internal PT. Yagama, hal ini berdasarkan dari info para pekerja yang berhubungan langsung dengan PT. Yagama. Keadaan ini menimbulkan keresahan dan kejengkelan warga Perumahan Graha Asri. Mengingat kebutuhan warga akan adanya masjid sangat mendesak, akhirnya pada tanggal 01 April 2014 dibawah kepemimpinan Bapak Heri Adnan, SH, Bapak Asmadi, S.Kom dan Bapak Arivai Cikyan warga sepakat melakukan demonstrasi  mendesak pihak Developer PT. Yagama untuk segera menuntaskan pembangunan masjid ini.

Dari aksi demonstrasi warga Perumahan Graha Asri dengan PT. Yagama tersebut, pihak PT. Yagama  menawarkan 2 pilihan yaitu;
  1. PT. Yagama akan memberikan dana senilai Rp.15.000.000 dan silahkan warga melaksanakan pembangunannya, atau
  2. PT. Yagama akan meneruskan pembangunannya sampai dengan tuntas, hanya saja minta tempo sampai dengan batas waktu sebelum bulan puasa (saat itu )
Akhirnya setelah negosiasi warga dan pemuka masyarakat Perumahan Graha Asri memutuskan memberikan kesempatan kepada PT. Yagama untuk meneruskan pembangunan Masjid Raudhatul Jannah sesegera mungkin dan paling lambat sebelum bulan puasa harus sudah bisa difungsikan.

Waktu terus berlalu dan pembangunan terus berlangsung walaupun tersendat-sendat. Jika dihitung dari awal  dimulainya pembangunan, telah berjalan selama tiga bulan tetapi kondisi bangunan masjid belum bisa difungsikan. 
Sementara para pekerja PT. Yagama terus berusaha menyelesaikan pekerjaannya. Pada tanggal  16 Juni 2014 warga inisiatif untuk mengadakan gotong royong di seputaran masjid, yaitu pemasangan gorong-gorong untuk memudahkan akses menuju masjid.

Batas waktu yang ditentukan untuk pembangunan Masjid Raudhatul Jannah hampir habis, karena bulan puasa tahun 1435H akan segera tiba, tetapi kondisi masjid saat itu bisa dikatakan belum tuntas.   Keadaan masjid saat itu masih sangat sederhana sekali, beratap belum ada plafon, dinding masjid hanya ada dibagian imam (depan) dan belum diplaster, lantai keramik. Para pekerja dari PT. Yagama tidak ada lagi, dan tidak ada konfirmasi ataupun serah terima. Mengingat akan kondisi masjid yang seperti ini dan kebutuhan tempat ibadah sudah mendesak , untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1435 H, akhirnya warga mengadakan gotong royong. Gotong royong dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2014, melakukan finishing pembangunan masjid agar masjid minimal bisa layak pakai, memasang dinding keliling walaupun masih dengan papan triplek.

Akhirnya dengan berkah dan rahmat Allah yang Maha Kuasa, pada tanggal 29 Juni 2014 malam,  bertepatan tanggal 1 Ramadhan 1435H, masjid  Raudhatul Jannah pertama kali dipakai. Ba’da Isya dan tarawih Masjid Raudhatul Jannah Perumahan Graha Asri ini diresmikan dengan Ketua Masjid yang pertama, Bapak Rohmadi,SE dibawah penanggung jawab Bapak Asmadi, S.Kom(Ketua RT.23), Bapak Arivai Cik Yan (Ketua RT.24) dan Bapak Heri Adnan,SH selaku Ketua RW.09.




Begitulah sejarah berdirinya masjid Raudhatul Jannah di Komplek Perumahan Graha Asri RT.23-24 RW.09 Kelurahan Pekan Sabtu Kecamatan Selebar, Bengkulu. Tulisan ini dibuat sebagai bahan arsip pribadi dan syukur jika  dapat bermanfaat bagi ummat. Mungkin suatu saat nanti, akan menjadi cerita yang akan bisa dibaca sendiri oleh anak cucu kita, kala kita tiada.


Sebagai penutup tulisan ini, izinkan saya ingin menyampaikan firman Allah dalam Al-Qur'an, sebagai berikut;
Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.(Al-Qur’an Surat Al-Hadiid:18)


Kondisi Masjid Raudhatul Jannah saat ini masih sangat sederhana dan akan terus melakukan pembangunan. Jika ada yang berniat untuk menginfakkan sebagian harta untuk membantu dalam proses pembangunan dapat langsung menyalurkan ke Rekening Masjid Raudhatul Jannah:

BRI : 7389-01-002397-53-3 a.n: PANITIA P MASJID RAUDHATUL JANNAH

atau :

Bank Muamalat : 43100 40325 a.n: MASJID  RAUDHATUL JANNAH

Terima kasih sudah bersedia membaca tulisan ini. Semoga kita selalu dalam Rahmat Allah SWT. Aamiin. Tinggalkan jejak di kolom komentar yah…



11 komentar

  1. Perjuangan yang luar biasa. Tetap semangat jadi pengurus ya..semoga Raudhatul Jannah dapat donatur agar bisa dipermak menjadi mesjid yang indah, dan berharap jama'ahnya kian membludak ke depannya.

    BalasHapus
  2. Subhanallah, semoga menjadi amal jariah . Aamiin

    BalasHapus
  3. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: + 1-585-326-2165 untuk Anda pinjaman

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama saya muhammad abdul
    Dari jakarta selatan indonesia
    email muhammadabdul5151@gmail.com
    nomor telepon +6285574670570
    nomor whatsapp +6285574670570
    Saya berterima kasih kepada ALLAH karena telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders, untuk beberapa waktu sekarang bisnis saya sedang turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan bisnis saya kembali ke kehidupan, saya telah ditipu berkali-kali semua berjanji pada saya untuk meminjamkan uang tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, sampai saya menemukan ibu yuliana dan memberi saya jumlah pinjaman sebesar Rp 1,3 miliar, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke akun saya, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hatilah karena 75% pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi Anthony Yulinana Lenders adalah 100% pemberi pinjaman online yang sah,
    anthony.yulianalenders@gmail.com
    whatsapp +13234026088

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen, Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: +1-585-326-2165. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (kartinkiba72@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    ALLAH memberkati kalian semua!
    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Crédit offre de Prêt (proposition)

    Si vous avez besoin d'un prêt pour améliorer votre mode de vie suite à cette pandémie de COVID-19 qui continue de faire des ravages dans le monde entier. Nous proposons des prêts allant de 5000 à 15 millions d’Euros aux taux d’intérêt de 2%. Nous répondre pour plus d’informations.


    stephanetang.fr@gmail.com

    BalasHapus
  7. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  8. Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan kewangan kepada semua individu, kadar faedah kami adalah 2% setiap tahun. Kami juga memberikan nasihat dan bantuan kewangan kepada kami pelanggan dan pemohon Sekiranya anda mempunyai projek yang baik atau ingin memulakan perniagaan dan memerlukan pinjaman untuk membiayai dengan segera, kami dapat membincangkannya, menandatangani kontrak, dan kemudian membiayai projek atau perniagaan anda untuk anda bersama-sama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Kategori Perniagaan

    Perniagaan Merchandising.
    Perniagaan pembuatan
    Perniagaan Hibrid.
    Perniagaan tunggal
    Perkongsian.
    Syarikat.
    Syarikat terhad.
    pinjaman peribadi.
    pinjaman pelaburan.
    Pinjaman Pinjaman.
    Kredit pemilikan rumah.

    HUBUNGAN SYARIKAT PINJAMAN:
    Laman web: rikaandersonloancompany.webs.com
    E-mel: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Pelanggan: +1 (323) 689-3663
    Sembang Whatsapp: + 1-323-689-3663
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
    Twitter: @LoanRika
    Ibu Pejabat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, Amerika Syarikat
    Cukai / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Daerah New York, NY9016 34001

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum, saya GOBERTO SURYAWAN sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari RYAN CEANIC LOAN FIRM dan kali ini saya mendapat pinjaman sebesar Rp. 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian jatuh kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman sebesar Rp. 330 juta dari RYAN CEANIC LOAN FIRM semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini adalah mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu, RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah salah satu yang terbaik secara online pemberi pinjaman untuk pinjaman 100%, hubungi mereka di (ryanceanicloanfm@protonmail.ch) atau whatsapp +4915772501298. Email saya sendiri adalah (gobertosuryawan627@gmail.com)

    BalasHapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini