Tausyiah Blogger di Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Semoga sunner selalu sehat dan bahagia yah.
Kesempatan kali ini saya akan menceritakan kegiatan saya pada hari Minggu tanggal 29 April 2018. Tentang keresahan akhir bulan? Bukan,,bukan,,bukan itu, kalo tentang keresahan akhir bulan segera akan saya tulis tapi tidak disini. Pagi Minggu itu, seperti biasa kami melakukan rutinitas libur seperti biasanya. Leyeh-leyeh? ouh tidak,,tidak,,,tidak ada acara leyeh-leyeh. Tetap melakukan aktivitas, cuma agak santai, tidak ada dead line waktu seperti hari kerja biasanya. Di sela aktivitas tersebut, saya teringat bahwa Bobe pernah posting di IG akan ngadain Kelas Blogger 9, makanya hari itu juga saya dan istri langsung daftar via WA ke Mbak Ria Fasha, untunglah masih bisa.
Terkesan saya maksa banget untuk ngikut Kelas Blogger 9, emang acaranya apa sih? Yup..jadi berdasarkan info yang diposting Bobe di IG bahwa Kelas Blogger 9 ini mengambil tema "Tausyiah Blogger". Bagi saya ini penting banget, blogger juga manusia yang butuh tausyiah. Menariknya lagi acaranya diadakan di Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu. Sstt jujur saya baru tahu ada rumah tahfidz ini di Bengkulu. Pengen tahu kan alamatnya dimana dan ada apa aja? Baca smpai selesai yah...

Rencananya setelah sholat Zuhur saya dan istri akan langsung berangkat, tetapi kenyataannya belum bisa sesuai dengan rencana. Maklumlah kami tergolong pasangan yang masih belajar dalam mengurus bayi, jadi agak keteteran juga. Walaupun hari itu si Ney kami tidak diajak pergi karena kebetulan ada adek ipar yang bisa mengasuhnya, tetapi segala keperluannya tetap harus dipersiapkan dan dipastikan aman, tidak bisa asal tinggalkan saja. Ujung-ujungnya agak meleset sedikitlah dari waktu yang kami targetkan. Hmm,,kayaknya Mama Ney perlu baca buku Smart and Happy Mom.(moga aja tulisan ini dibaca penulisnya Mbak Mildaini, dan dikasih buku Smart & Happy Mom gratis,,aamiin ).

Setelah dirasa semuanya siap, saya dan istri berangkat ke lokasi acara yaitu  Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu, yang belakangan baru saya ketahui kalau alamatnya di : Jl. Belato No. 56 RT. 006 RW.002 Kel. Berkas Kec. Teluk Segara Bengkulu. Awalnya saya tidak tahu persis lokasi ini dimana, untungnya beberapa pekan yang lalu dalam perjalanan saya berkunjung ke Lapas Malabero, saya pernah melewati dan terbaca dengan Rumah Tahfidz, tapi belum tahu namanya rumah tahfidz apa. Batin saya mengira-ngira bahwa Rumah Tahfidz ini lah yang akan saya tuju. Dengan laju motor yang saya percepat dari biasaya, saya memilih melewati kawasan Pantai Panjang Bengkulu agar tidak banyak berhenti di lampu merah. Jalur yang saya lalui ini juga melewati kawasan Wisata Pantai Berkas yang ramai pengunjung, apalagi di hari Minggu siang seperti ini. Tak begitu lama setelah melewati kawasan Wisata Pantai Berkas sampailah kami di Rumah Tahfidz. Alhamdulillah lega, perkiraan saya tepat karena inilah Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu,dan  lebih lega lagi karena sampai di lokasi acara belum dimulai, jadi tidak ketinggalan materi.

Waktu sudah lewat dari yang ditentukan, peserta pun sudah banyak yang datang, akhirnya acara pun dimulai. Begitu masuk ruangan, aura religius nya terasa banget, rak buku dan Al-Qur'an tersusun rapi, tempat duduk diatur sedemikian rupa, mengikuti kelas blogger tapi berasa  jadi anak pesantren, apalagi adik-adik santri juga ikut terlibat dalam acara ini dengan tertib, hanya saja posisi tempat duduknya di bagian belakang. 
Acara dibuka dengan dipimpin oleh Zepron Saputra, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat Al-Quran oleh santri atas nama: Yudhistira Rahman  yang membaca dengan hafalan dan suara merdu sekali, sehingga menambah khidmat acara ini.
Rumah rahfidz bakti Ilaahi
Satri Penghafal Qur'an (dok.pribadi)

Setelah pembacaan Al-Qur'an, penyampaian kata sambutan dari ketua Bobe ( Blogger Bengkulu ) Mbak Mildaini. Dalam kata sambutannya, Mbak Mildaini menyampaikan bahwa memang Kelas Blogger 9 ini direncanakan jelang Ramadhan. Diharapkan blogger nanti bisa menghadapi bulan Ramadhan dengan maksimal, untuk itu blogger  juga perlu amunisi, perlu diberikan tausyiah sehingga  Kelas Blogger 9 ini mengambil tema : Tausyiah Blogger. Mbak Milda juga memohon kepada Pak Ustad Hilman Nugraha, S.Pd.I, agar kiranya nanti dapat memberikan nasihat atau masukan untuk blogger dengan sejujurnya, " jangan takut kami viralkan" begitu canda Mbak Milda di penghujung sambutannya.
Rumah rahfidz bakti Ilaahi
Sambutan dari Ketua Bobe ( dok.pribadi)

Tibalah ke acara inti yaitu penyampaian tausyiah oleh dua pembicara yaitu;

Ustad Hilman Nugraha, S.Pd.I ( Kepala Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu)
Dalam tausyiahnya Pak Ustad Hilman, menyampaikan materi seputar pentingnya menulis. Menulis kita niatkan ibadah, yaitu dengan menulis yang bermanfaat untuk kebaikan bersama, baik bagi penulis sendiri maupun bagi pembaca. Mengapa menulis itu perlu? Karena kemampuan setiap orang berbeda-beda. Tidak semua orang bisa untuk berdakwah secara lisan, alternatifnya adalah dengan menulis. Mungkin saja dengan melalui media tulisan, pesan yang disampaikan akan bisa diterima, kemampuan menerima dakwah setiap orang berbeda-beda.
Rumah rahfidz bakti Ilaahi
Ustad Hilman Nugraha, S.Pd.I ( dok. pribadi )

Selain itu, dakwah melalui tulisan memiliki kelebihan dimana pesan dakwah yang ditulis dapat dipindahtangankan, dapat digandakan dan dapat dipertahankan dalam waktu yang lama.
"Ikatlah ilmu dengan tulisan ( Ali bin Abi Thalib Ra )
Sebagai motivasi, kita perlu meluruskan dan menanamkan tujuan yang baik untuk apa kita menulis, seperti :

  • menulis untuk mengikat ilmu,
  • menulis untuk menyampaikan ilmu, 
  • menyeru kepada kebaikan,
  • mencegah kepada kemungkaran,
  • serta meneguhkan keimanan.

Dengan tujuan dan niat yang baik, insyaallah menulis merupakan amal ibadah. Tak lupa pak ustad juga membagikan syarat diterimanya suatu amal yaitu ; ilmu, ikhlas, memenuhi syarat, rukun dan adab ibadah, tidak ada yang membatalkan dan yang dibenci Allah, dan halal dari sesuatu yang berhubungan dengannya.
"kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis  ( Imam Al Ghazali )
Hemm,,,terima kasih pak Ustad, jadi bertambah semangat untuk menulis.


Piter Julius Vero  (Owner Blog Sepenggal Info)
Tak  kalah semangatnya dengan Pak Ustad, Bang Piter juga menyampaikan tausyiah dari sudut pandang seorang blogger.

Rumah rahfidz bakti Ilaahi
Tausyiah dari Owner Blogger Sepenggal Info (dok. pribadi )
Bang Piter memaparkan bahwa dunia maya juga banyak dimanfaatkan orang-orang yang ingin merusak moral bangsa terbukti dari data bahwa dari 773ribu situs yang diblokir Kominfo, 90% nya adalah situs dengan konten yang tidak senonoh. Tidak hanya itu, data dari CNN Indonesia, Republika, dan situs kominfo, bahwa ada  800ribu situs penyebar hoax.  Kita contohkan saja kita di Bengkulu, anggaplah blogger di Bengkulu ini ada 100 yang aktif, tentu tidak sebanding dengan jumlah 800ribu tersebut. Oleh karena itu, sebagai blogger kita tidak bisa tinggal diam, kita harus banyak memposting hal-hal yang baik tentang Bengkulu, agar semakin banyak hal positif yang muncul dibandingkan dengan hal yang buruknya.
Jadikan blog sebagai sarana untuk dakwah, karena dakwah tidak hanya tugas ustad saja. Ustad tidak akan mungkin berdakwah sampai ke tempat-tempat hiburan, cafe dan sebagainya,  ustad biasanya hanya berdakwa di masjid yang jamaahnya orang-orang baik. Dengan blog pesan kebaikan yang kita sampaikan, akan bisa sampai dan menyebar ke segala penjuru masyarakat.
Bang Piter mengajak kita untuk memanfaatkan blog sebagai  jalan untuk menolong agama Allah,  sesuai dengan firman Allah :
يا أيها الذين آمنوا إن تنصروا الله ينصركم 
"Hai orang-orang yang beriman, tolong agama allah, maka allah akan menolongmu" (Q.S: Muhammad :7)

"Mari kita sebarkan kebaikan, kita sampaikan kebaikan, dakwah bil-media " tegas Bang Piter. 


Setelah penyampaian tausyiah selesai waktu sholat ashar tiba dan kami melaksanakan sholat  ashar berjamaah. Setelah sholat ashar di penghujung acara dilakukan pemberian donasi dari Bobe untuk Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu. Semoga dengan donasi dari teman-teman Bobe ini bisa bermanfaat bagi Rumah Tahfidz ini.
Rumah rahfidz bakti Ilaahi
Penyerahan donasi (dok. pribadi )

Bagi teman-teman yang mau memberikan donasi, bisa juga langsung menghubungi kontak atau akun media sosial dari Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi di akhir tulisan ini.

Seperti ritual biasanya, diakhir acara  tak lengkap kalau tidak foto bersama, cekreekk:
Rumah rahfidz bakti Ilaahi
Diantara kalian, aku merasa hanya butiran debu (dok. pribadi)

Bagi saya Kelas Blogger 9 kali ini banyak sekali manfaatnya, diantaranya;
1. Menumbuhkan semangat untuk menulis, karena menulis juga bisa menjadi ibadah
2. Menumbuhkan rasa kecintaan terhadap Al-Qur'an
2. Bisa berdonasi
3. Megetahui adanya Rumah Tahfidz di Bengkulu

Baiklah sekarang waktunya saya akan menceritakan tentang rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu.

  • Profil
Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi diresmikan pada tanggal 12 Januari 2016, dengan tujuan untuk membina generasi muda yang memiliki keinginan untuk menghafal Qur'an. Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi  hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sebuah lembaga pendidikan Al-Qur'an  yang berkualitas serta fokus membina hafalan Al-Qur'an  30 juz. Dengan adanya rumah tahfidz ini diharapkan bisa menjadi kekuatan bagi umat Islam  terkhusus dalam bidang Tahfidzul Qur'an , sehingga dapat melahirkan para penghafal Al-Qur'an yang berkualitas di propinsi Bengkulu. Fokus Rumah Tahfidz ini pada program menghafal Al-Qur'an dan pendidikan formal tingkat Sekolah Menengah Pertama selama 3 tahun.

  • Tempat
Beralamat di Jl. Belato No. 56 RT.06 RW.02 Kel. Berkas Kec. Teluk Segara Kota Bengkulu. Oh ya jangan sampai salah jalan ya teman, khabarnya kemaren ada teman kita yang nyasar deh. Gampang kok carinya, tinggal cari Jalan Belato, telusuri aja letaknya di pinggir jalan.

  • Visi dan Misi
Visi : Mencetak generasi Penghafal  Al-Qur'an
Misi
1. Membimbing santri untuk selalu menghafal Al-Qur'an
2. Menanamkan nilai-nilai yang ada di dalam Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

  • Tujuan
Adanya Rumah Tahfidz ini bertujuan sebagai berikut;
1. Menyiapkan generasi muda yang berkualitas dan mencintai Al-Qur'an
2. Mempersiapkan calon imam masjid yang berkualitas
3. Membentuk santri yang bermental  dan berakhlak Qur'ani
4. Menciptakan masyarakat yang peduli dengan Al-Qur'an  dan mengamalkan  Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.
5. Mencetak Hafidz Qur'an sejak usia muda  sehingga masih banyak kesempatan untuk belajar ilmu lainnya ( Jadilah Muslim yang Utuh Pemahamannya)

  • Apa saja yang dipelajari di Rumah Tahfidz ini?
Yang dipelajari di Rumah Tahfidz ini tidak semata-mata Al-Qur'an saja, melainkan Pelajaran Umum juga, 
Mata Pelajaran : 
↳ Tahfidzul  Quran
↳ Tahsin
↳ Bahasa Arab
↳ Tauhid
↳ Hadist
↳ Tafsir
↳ Pelajaran Umum ( semua mata pelajaran SMP )

Kegiatan ESKUL;
⇒ Robotic
⇒ Pencak Silat
⇒ Pengembangan Diri ( Renang,  Futsal dan Panah )

  • Santri
Saat pertama saya sampai di Rumah Tahfidz ini, sempat saya bertanya dalam hati, koq pseserta didiknya santriwan semua, apakah santriwati nya di  tempat terpisah?  Dan akhirnya pertanyaan saya tersebut terjawabkan juga saat Mbak Milda menyampaikan pertanyaan dan keinginannya pada Pak Ustad Hilman untuk memasukkan anak perempuannya di  Rumah Tahfidz ini. Dan menurut keterangan Pak Hilman,  bahwa memang sekarang  menampung santriwan saja, tercatat baru 31 santriwan. Dan untuk santriwati sedang dalam proses, kita do'akan bersama semoga secepatnya dapat direalisasikan. Data perkembangan santri Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi ini dapat dilihat dalam gambar berikut:
Rumah rahfidz bakti Ilaahi
Report perkembangan hafalan santri (dok. pribadi)

Subhanallah, sungguh prestasi yang membanggakan, di usianya yang masih anak-anak sudah mampu menghafal Al-Qur'an belasan Juz. Tersindir dan tertampar rasanya ketika menyadari diri ini yang sudah berusia kepala tiga tetapi satu juz pun belum tuntas.
Teman-teman semua, di sisa-sisa umur kita ini, mari kita berusaha untuk mencintai Al-Qur'an. dan ingatlah bahwa "Sebaik-baik manusia adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya " (Hadist Riwayat Bukhari Muslim).

Bagi-teman yang membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi, dapat menghubungi langsung ke media sosialnya:
web: www.rtbi-bengkulu.com
IG : @rtbibengkulu
Fb: Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi (Rtbi)
WA: 0852 6823 2006, 0896 1700 0221, 0852 6835 9638
Telp: 0736-7323414



Disclaimer : Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan nulis serempak dari Blogger Bengkulu di Kelas Blogger 9 Bersama Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi .
Semoga membawa manfaat.

31 komentar

  1. Jadi blogger juga perlu pemahaman agama, supaya isi blognya juga baguss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya fir, selain itu setidaknya sebagai bekal untuk pribadi blogger itu sendiri.

      Hapus
  2. Acaranya emang pas banget nih diselenggarakan before Ramadhan ya bang. Nulis bukan sekedar nyari eksistensi diri, tapi lebih dari itu, menulis untuk kebaikan adalah goals yang harusnya dimiliki oleh setiap blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ntan, semoga apa yang kita tulis bisa bermanfaat untuk diri kita dan orang lain.

      Hapus
  3. So proud sama adek-adek di RTBI. Hafalannya mantap jiwa. Terinspirasi :’)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngiri lihat mereka ya,,tapi ini kita irinya untuk kebaikan.Adek-adek di RTBI patut kita jadikan motivasi

      Hapus
  4. Kalau lihat parapenghapal Quran ini bawaannya terharu, mereka hebat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mbak, merasa berdosa,merasa telah melalaikan waktu, mereka masih anak-anak sudah hafal banyak.

      Hapus
  5. Semoga kita tetap istiqomah dalam menulis kebaikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin, dan terima kasih tausyiah bang Piter memotivasi banget.

      Hapus
  6. wah.. semoga ada kegiatan seperti ini lagi ya, bermanfaat kak!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin,,,yang jelas momotivasi kita kan ya.

      Hapus
  7. Semenjak meutuskan kerja, saya sudah jarang datang acara blogger .Padahal acaranya keren2 n menginspirasi. Merasa rugi kadang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada saatnya nanti bisa ikut lagi mbak.

      Hapus
  8. event yang positif, perlu juga nih biar kita mikirnya nggak dunia melulu ya mas, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas, biar kita juga dapat bekal untuk akhirat yah,
      Makasih ya sudah mampir jan-jalan dimari.

      Hapus
  9. Keren ya ka acaranya.. RtBI jga keren.. Masyallah.. 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dek, jadi tambah semangat menulis untuk menebar kebaikan kan yah.

      Hapus
  10. Semoga segera dibuka kelas penghapal untuk anak cewek ya

    BalasHapus
  11. Athifah udah punya celengan itu, suka diisinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya mbak, melatih anak untuk infaq sejak dini

      Hapus
  12. Whuaa keren iih blogger bengkulu. Ngarep banget di kumpulan blogger Jakarta bikin acara beginian juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, kita juga suka ngiri lihat blogger Jakarte sering banget ngadain event. Ngiri dalam hal kebaikan boleh aja kan yah,semoga kita bisa saling menginspirasi,salam kenal yah.

      Hapus
  13. waah keren ya tausyiahnya, menulis mmg juga merupakan ibadah pada Allah, ketika hal yang ditulis dan dishare adalah terkait kebaikan.. hmm..pengen deh jd penghapal Quran juga.. hrs kuat niat nih ya.. aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener yue, tausyiahnya memotivasi sekali. Penghapal Qur'an di sini juga mengingatkan saya agar lebih bijak dengan waktu,waktu yang telah kita pakai untuk menghafal Al-Qur'an masih sedikit bila dibandingkan dengan waktu yang telah dilalui.

      Hapus
  14. tausyiahnya keren, ketika menulis mmg kita sedang beribadah, disaat apa yang kita tulis itu adalah kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain. Bobe acaranya memang keren2..

    BalasHapus
  15. Kegiatan yang bermanfaat sekali ya kak. Banyak ilmu yang bisa didapat di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kegitan ini.

      Hapus
  16. Barokallah, duh suka banget dengan kalian yang mau menebar manfaat begini.
    Bangga dan sukses terus ya Kak

    BalasHapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini