5 Alasan AC Daikin Layak Pilih

Saya yakin dan percaya bahwa AC Daikin bukan merk asing lagi di telinga kita. Namanya sudah membumi. Nah, kemarin Sabtu 24 Oktober 2020 Blogger Bengkulu berkolaborasi dengan AC Daikin Bengkulu mengadakan kopdar di Foodpedia Sawah Lebar, Kota Bengkulu.

Kamu sudah tahu Foodpedia? Kalo belum, tos kita, saya juga baru tahu kemaren. Nah dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan pasti banyak makanan  disana,. Tempat makan ini juga kekinian dan asyik buat nongkrong bareng keluarga atau partner kerja. Makanan di sini dibandrol dengan harga yang bersahabat, malahan dengan lugasnya mengusung slogan “ kalau mahal jangan balik lagi” tapi sory ya bray saya gak mau bahas makanan di sini, perutku gak kuat. Kalo kamu tertarik dan ingin kepo ada apa aja di Foodpedia silahkan meluncur ke Jl.Meranti No. 2 Sawah Lebar Kota Bengkulu.


Kembali ke laptop, even kali ini saya sangat bersemangat sekali untuk ikut. Dimana even ini merupakan kopdar Bobe perdana setelah adanya pandemi Covid-19, jadi bisa temu bareng teman-teman namun tetap dengan mematuhi protokol  kesehatan dong. Tak hanya itu, karena even ini kolaborasi dengan AC Daikin Bengkulu, sudah pasti ini nanti akan ada pembahasan seputar AC, nah ini yang ingin saya ketahui lebih dalam.  Karena sudah sejak lama sebenarnya saya sudah sangat tertarik dengan AC Daikin.

Sudah intip-intip AC Daikin sejak lama

Tibalah acara inti dari even ini yaitu penyampaian  product knowledge seputar AC Daikin yang disampaikan langsung oleh Bapak Undang Sumbaga  sang owner Central Elektro Bengkulu selaku Dealer Resmi AC DAIKIN di Bengkulu. Berdasarkan pemaparan yang disampaikan Pak Undang,  AC Daikin bisa dijual dan diterima masyarakat di Bengkulu, terbukti Bengkulu tercatat sebagai 2 besar penjualan AC DAIKIN se-Sumbagsel dan Central Elektro Bengkulu meraih Daikin Award  “ Excellent Performance” di Tahun 2020. #Tepuk tangan dulu dong. Tambah naik nih branding Daikin di Bengkulu, hebat euy.

Pak Undang Sumbaga dalam Penyampaian Product Knowledge DAIKIN


Mengulik Fungsi AC yang Sebenarnya

Ada beberapa anggapan saya yang keliru mengenai AC  yang terjawabkan setelah mendengarkan pemaparan dari Pak Undang, diantaranya ;

1. AC Penyejuk Ruangan
Selama ini saya menganggap bahwa AC itu adalah alat pendingin ruangan, yang benar adalah AC ( Air Conditioner ) merupakan penyejuk udara atau mesin yang dirancang untuk mengkondisikan suhu udara dan kelembaban suatu area, jadi fungsinya membuat suhu ruangan nyaman bagi tubuh manusia.

2. Suhu yang baik dalam pengoperasian AC
Ayo ngaku, siapa yang kalau menghidupkan AC memilih suhu 16⁰? Setelah itu tarik selimut, menekuk badan seperti udang masak karena kedinginan.

Hemmm ternyata selama ini kita salah. Yang benar adalah tingkat kenyamanan yang ideal bagi tubuh manusia itu ada pada suhu 24⁰C – 25⁰C . Kurang dari suhu tersebut kita akan merasa kedinginan dan sebaliknya jika lebih kita akan merasa kepanasan atau gerah. Selain dari suhu tersebut pemakaian listrik pun jadi boros.  Jadi yang terbaik adalah menyetel pada suhu  24C – 25C .  (merasa lucu sendiri kalo ingat dulu pernah rebutan remote AC di hotel gara-gara teman sukanya setel  AC suhu 160 sedangkan saya suka alergi kalau terlalu dingin)

3. Pakai AC takut bayar listrik mahal
Sebagian orang mungkin merasa  mampu untuk membeli AC, namun tidak sedikit yang mengurungkan niatnya karena takut akan beban listrik yang bakal membengkak. Saya juga beranggapan  demikian, dan ternyata anggapan ini bisa terbantahkan.  Seperti telah disinggung di atas bahwa kesalahan memilih suhu dalam pengopersian AC itulah yang akan banyak memakai daya listrik. Jika penggunaan AC sesuai dengan suhu yang dianjurkan, maka beban listrik bisa diminimalisir. Selain itu dengan AC DAIKIN  sudah hemat energi  sesuai dengan keberadaannya sebagai pelopor AC hemat energi, terutama untuk tipe Inverter.

4. Perawatan sebelum terjadi kerusakan
Agar AC awet maka perawatan harus dilakukan secara rutin, perawatan AC itu dianjurkan setiap 3 bulan sekali. Salah satu sifat buruk kita adalah ingat perawatan ketika perangkat atau AC kita sudah rusak, dan ini salah besar.  Jadi yang sebaiknya adalah rusak atau tidak rusak setiap 3 bulan sekali kita lakukan perawatan, misalnya cuci dan ganti freon.  Indikator sederhananya adalah jika dengan suhu standar, suhu ruangan tidak dingin atau tidak nyaman lagi maka segeralah cek perawatan.

5. Pasang AC hanya bisa untuk  bangunan yang luas saja (makan tempat )
Sebagai orang awam saya juga pernah berfikir bahwa akan kesulitan jika memasang AC pada rumah atau bangunan yang kecil karena mempertimbangkan  untuk tempat perangkat indor dan outdornya. Namun keresahan ini terjawabkan dengan adanya tipe AC yang Multi S, dimana satu unit outdor bisa dikoneksikan dengan 2 atau 3 unti indor, sehingga  memiliki 3 keunggulan yaitu hemat tempat, hemat energi  dan hemat daya listrik. 

Yeay! Sudah tau sekarang fungsi AC yang sebenarnya, kan? Berarti kita sudah boleh lanjut dong ke pembahasan berikutnya. *ceile, kayak presentasi makalah aja

Tips Memilih AC

Guys, buat kamu yang tinggal di daerah beriklim panas, tentu saja AC menjadi sebuah kebutuhan hidup. Ada banyak jenis AC yang menawarkan kenyamanan. Tapi ingat, menjatuhkan pilihan pada AC dengan fitur yang canggih namun hemat di kantong merupakan pertimbangan utama. Maka dari itu, ketahuilah indikator dalam hal memilih AC berikut ini.

1. Comfort (Kenyamanan)

Dalam hal apapun, kenyamanan adalah nomor satu, termasuk urusan AC. Mayoritas penggunanan AC adalah saat kita beraktivitas atau beristirahat di rumah. Sehingga kenyamanan menjadi sesuatu yang mutlak. Maka dari itu, pilihlah AC yang suaranya tidak berisik. 

2. Energy Efficiency (Efisiensi Energi)

Sebagian besar orang beranggapan bahwa penggunaan AC membuat biaya listri melunjak tajam. Terlebih karena AC biasanya dipakai setidaknya berkisar 6 sampai 8 jam perhari. Maka dari itu, pilihlah AC yang mampu mengkonsumsi daya listrik paling besar 50% dari total tagihan listrik anda. 

3. Durability (Daya Tahan)

Wow, ini untuk urusan apapun menjadi pertimbangan besar. Sebab benda yang memiliki daya tahan kuat dan tahan lama akan menjadi favorit orang-orang, apalagi ibu rumah tangga. Maka dari itu pastikan AC yang anda pilih memiliki kualitas terbaik agar tidak menimbulkan masalah saat pemasangan, pembongkaran ataupun masalah-masalah lain di kemudian hari. 

4.Convenience

Era teknologi canggih ini bikin produk apapun menjadi incaran asalkan memiliki teknologi canggih. Sama halnya dengan AC. AC zaman now sudah ada yang bisa mendeteksi kerusakannya sendiri sehingga sangat membantu penggunanya dalam urusan perawatan. Percaya atau tidak, AC berteknologi mutakhir sekarang ni juga sudah ada yang berbasis smartphone yang terkoneksi dengan Wifi sehingga mudah mengendalikan operasionalnya. 

Yakin gak mau pilih yang beginian? 


Mengenal Beberapa Tipe AC DAIKIN

Seperti yang saya bilang di awal tadi, AC Daikin bukan lagi barang yang baru saja dikenal. Melainkan sudah menjelajahi pasar AC di belahan nusantara. Hebatnya, AC Daikin ini selalu berinovasi demi kenyamanan para penggunanya. Ya iyalah, wong DAIKIN itu polopornya AC koq. Atas dasar itulah, AC Daikin mengeluarkan produknya dengan berbagai macam tipe.

Pada umumnya, AC Daikin memiliki dua tipe, yakni inverter dan non inverter.  Tentunya kedua tipe ini memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Adapun yang tergolong ke dalam inventer series adalah:

1.Urusara 7



A new Leve of Comfort. Urusara 7 merupakan AC pertama di dunia yang menggunakan refrigeran generasi terbaru R-32, sehingga membuatUrusara 7 memilki efisiensi energi yang tak tertandingi. 

2.European Design

Design dengan gaya Eropa yang menampung teknologi pintar mutakhir, memberikan kenyamanan dan kinerja luar biasa dalam situasi apa pun. Fitur pendesainan ulang kompresor ayum (Swing Compressor) membuat Daikin seri ini efesiensi energinya. Sistem ini sekaligus menjadi solusi total bagi desainer, arsitek dan pemilik rumah yang mengutamakan konsep desain yang elegan. 



3.Premium Inverter

Hemat dan Cerdas! Fitur Premium Cooling dan Fast Cooling yang mampu menghadirkan kenyamanan udara pada ruangan dengan cepat, dengan kenyamana prima untuk menjaga kelembapan udara ruangan, sehingga mampu menghadirkan kesejukan dan kelembapan sekaligus dengan efisiensi yang lebih tinggi. 



4.Star Inverter

AC Daiki tipe ini mengusung slogan Hening dan Efisien. Dengan memiliki mode low watt, econo mode dan intelligent eye memosisikan sebagai AC Inverter yang hemat dan efisien. Star Inverter dilengkapi dengan perangkat PM 2.5 Filter, Daikin Smart Wi-Fi Controller untuk dapat menjaga kualitas udara ruangan menjadi lebih baik.

5.Flash Inverter

Ciri khas dari tipe ini adalah nyaman dna bertenanga. Dengan memiliki fitur Super PCB yang mampu membuat AC beroperasi meski tegangan listrik rumah anda tidak stabil. Sehingga anda tidak perlu khawatir AC inverter anda mudah rusak. 



Duh, semua bikin mupeng ya. Eits, jangan sampe terlewat. Berikut ada seri AC Daikin Non-Inventer yang mesti diketahui.

1.SMS (SuperMiniSplit)

Ini seri Daikin yang memiliki dimensi ringkas. Kendali aliran udara canggih dan bertenaga yang mengelilingi anda dengan kenyamanan maksimal. 



2.LITE

Untuk harga jangan ditanya. Ini tipe yang harganya sangat terjangkau. Seri Lite memberikan pengalaman pendinginan terbaik dalam hidup. Pada siang hari, lampaui kenyamanan pendinginan anda dalam waktu singkat dengan mode Turbo. Dan dipenghujung hari, bersantailah dengan mode Sleep yang seara bertahap menyesuaikan suhu dengan pola suhu tidur anda yang dapat dioperasikan dnegan mudah.

3.Breeze


Ekonomis dan ringkas. Seri Breeze memberikan keseimbangan sempurna antara efisiensi energi, kemudahan penggunaan dan produk yang ramah lingkungan. AC dengan desain kompak, ringan dan mudah dioperasikan. Selain itu, instalsinya juga mudah.

Hayoooo?? Bingung pilih yang mana? Istikharah dulu gih. Hihi..


Mengapa Harus Memilih Daikin?

Jika kamu masih juga galau mau pilih AC yang mana, berikut beberapa alasan mengapa kita harus memilih Penyejuk Udara DAIKIN;

1. DAIKIN ADALAH SPESIALIS AC

Perusahaan DAIKIN adalah perusahaan yang fokus dan konsen hanya terhadap satu jenis produk saja. Sebagai satu-satunya perusahaan elektronik yang fokus pada pembuatan AC. Kita yakini sesuatu yang dilakukan dengan konsen dan fokus tentu akan menjadikan sesuatu berkualitas baik, begitu juga dengan AC DAIKIN ini. Yang jelas DAIKIN tidak seperti brand sebelah yang latah menggarap semua alat elektronik.


2. INVESTASI YANG TEPAT

Ketika kita memilih membeli AC, jangan hanya mempertimbangkan harga saja. Namun seberapa jauh AC yang kita pilih dapat menghemat biaya operasional. Dengan membeli AC Daikin selain memiliki aset berupa barang, pemakaiannya membawa manfaat dan tahan lama.


3. PELOPOR TEKNOLOGI AC

Merupakan salah satu perusahaan AC paling awal dan berkomitmen mengembangkan teknologi hemat energi dan terus menerus berinovasi untuk menyesuaikan kebutuhan pasar. Sebagai pelopor yakin dong kalau lebih baik dari pada brand-brand yang baru mau memulai.

4.KUALITAS DAIKIN YANG TERUJI DAN TAHAN LAMA

Daikin sudah lebih dari 90 tahun secara konsisten menghadirkan produk berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi yang disampaikan. Jadi produknya terpercaya dan awet sehingga semakin menimbulkan kepercayaan pelanggan.

 

5.SUKU CADANG TERJAMIN DENGAN LAYANAN PURNAJUAL HANDAL

Jika kita membeli suatu barang sudah pasti kita ingin barang yang berkualitas dan bertahan lama, sehingga wajar saja kalau kita ingin tahu, bagaimana  seandainya barang yang kita beli terjadi kerusakan. Nah sebagai perusahaan spesialis AC, Daikin dengan tim profesionalnya siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pelanggannya. Meski  barang sudah tidak diproduksi namun suku cadang tetap dipersiapkan. Bahkan tidak jarang Daikin mengadakan pelatihan-pelatihan untuk para teknisi AC Daikin, yang tersebar di berbagai daerah seperti yang pernah disampaikan oleh Pak Undang.

Dengan tulisan ini semoga dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan, jika masih ingin informasi lebih detail lagi atau ingin intip-intip mode terbaru AC DAIKIN bisa  ke Central Elektro, Daikin Palembang, Daikin Jambi, Daikin Lampung dan untuk Daikin Bengkulu bisa ke Jl. Salak Raya No. 99 Kota Bengkulu.


1. 

4 komentar

  1. AC Daikin memang bagus banget, jadi pengen punya juga satu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih kak, saya juga ngebet banget,,secara sudah mengetahui triknya

      Hapus
  2. Bagian takut bayar mahal tuh, yang sering jadi pertimbangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tuh mbak, kebanyakan pada takut bayar listriknya, btw sekarang dah gak cemas lagi setelah kenal Daikin

      Hapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini