Pengaruh Obat Kuat terhadap Kualitas Sperma dan Kesuburan Pria


Setiap pasangan hidup berkeluarga tentu menginginkan  kebahagiaan. Kebahagiaan akan terwujud jika kebutuhan terpenuhi, baik itu kebutuhan jasmani dan rohani. Termasuk di dalamnya kebutuhan sex, meski dianggap tabu setelah berkeluarga  menjadi hal yang penting dan tidak boleh dianggap sepeleh. Makanya tak sedikit pasangan yang terpaksa harus menggunakan bantuan obat seperti Ericfil, dimana harga Ericfil masih tergolong terjangkau.

Sebelum kita  berkenalan lebih detail pada Ericfil dan membahas kualitas sperma dan kesuburan pria, ingatanku terbawa pada kejadian enam tahun silam dimana saat itu aku dan istri sedang fokus menjalani program untuk mendapatkan keturunan. Sebagai pasangan yang masih tergolong baru menikah ( menurut dokter), padahal menurut kami enam bulan setelah pernikahan itu sudah waktu yang sangat lama dalam kekosongan atau belum ada tanda-tanda mendapat keturunan. Belum lagi bila mendengar celoteh tetangga atau teman-teman yang jabir, membuat waktu yang berjalan seakan selalu menghantui. Saat itu kami berdua sama-sama cemas, namun tidak saling menyalahkan.

Sebagai ikhtiar, istri memutuskan untuk periksa ke dokter spesialis kandungan. Tak berhenti di situ saja, saking inginnya kami memperoleh keturunan, saya pun meminta ke dokter untuk periksa juga. Periksa kandungan? Bukan dong, kalau laki-laki kita diperiksa dengan tes sperma. Dalam kasus yang seperti ini, kita tidak boleh egois dan kedua belah pihak suami dan istri  perlu diperiksa agar bisa dilakukan perbaikan atau pengobatan jika ditemukan ada permasalahan.

Setelah dilakukan test sperma melalui  laboratorium, akhirnya dokter spesialisnya dapat melihat, meneliti dan memetuskan, kekurangan kita dimana. Dari hasil laboratorium dapat diketahui kualitas atau berapa prosentase sperma kita yang akan berpeluang menembus rahim dan membuahi sel telur. Alhamdulillah saat itu, semua dinyatakan baik-baik saja. Saking ngebetnya ingin memiliki keturunan, aku pun bertanya lagi pada sang dokter? Kami harus bagaimana lagi pak dokter? Nah dari pertanyaan ini pak dokternya agak sedikit marah. Pak dokternya bilang; “Yang memberi keturunan itu adalah hak Allah SWT, sebagai makhluk yang beragama memintalah kepada-Nya”. Sungguh menohok sekali jawaban pak dokter ini.

Sejak kejadian itu kami ikuti semua anjuran dokter dan terus berusaha dengan menjaga pola hidup sehat, makan dengan gizi seimbang dan istirahat yang cukup,selalu searching makanan apa saja yang bisa mempengaruhi kualitas sperma.


Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Berikut ini  adalah makanan di sekitar kita  yang dapat meningkatkan kualitas sperma pria yang kami simpulkan dari hasil membaca dari beberapa dokumen;

1. Taoge
Siapa yang tak kenal taoge? Sering juga disebut kecambah. Harganya sangat murah, dengan uang dua ribu perak saja sudah dapat banyak seabrek. Ternyata kecambah ini baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Kecambah mengandung Vitamin E, khususnya E-alfa merupakan anti oksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Jadi dengan rajin mengkonsumsi taoge atau kecambah ini diharapkan sperma dapat terjaga dari kerusakan dan serangan radikal bebas sehingga kualitasya dapat meningkat.

2. Wortel
Selain baik untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga bisa untuk meningkatkan kesuburan seorang pria. Berdasarkan hasil studi, asupan karotenoid yang terkandung pada wortel  dikaitkan dengan motilitas yang lebih tinggi dan morfologi sperma yang lebih baik.

3. Kerang
Jenis kerang seperti tiram dan remis mengandung seng yang bermanfat untuk membantu meningkatkan produksi  sperma dan testosteron. Kedua elemen ini sangat pentiing untuk kesehatan reproduksi pria. Selain itu, kerang dan sejenisnya mengandung sumber zat besi yang berguna untuk melancarkan aliran darah ke alat genital. Juga mengandung vitamin B12 dan vitamin D yang bisa meningkatkan motilitas sperma. 

4. Biji-bijian
Biji-bijian mengandung asam lemak omega 3  tak hanya bermanfaat untuk mencerdaskan otak,  juga untuk menstimulasi aliran darah ke organ sekesual dan meningkatkan kinerja seksual pria.

5. Jambu Pokat ( alpukat )
Alpukat merupakan makanan yang mengandung lemak tak jenuh biasanya juga mengandung antioksidan. Antioksidan yang tinggi dapat membantu melindungi sperma dari kerusakan sel dan menjaganya tetap kuat dan lincah, sehingga dapat bertahan lebih lama saat harus berenang menuju tuba falopi dan membuahi sel telur.

6. Asparagus
Pria ternyata membutuhkan asupan folat dalam tubuh, karena tanpa asupan folat yang tepat  pria beresiko menghasilkan sperma abnormal yang mengandung sedikit atau terlalu banyak kromosom. Dan asparagus adalah sumber folat terbaik. Mengkonsumsi asparagus sangat baik karena kandungan asam amino L-Carnitin yang dikandungnya dapat menormalkan  sel sperma dan memperbaiki motilitas sperma.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan banyak mengandung nutrisi seperti asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan vitalitas sperma

8. Pisang
Termasuk buah yang kusuka, murah dan mengenyangkan, ternyata kaya akan Vitamin B1, C dan magnesium. Kandungan pisang ini dapat meningkatkan motalitas sperma dan membantu produksi sperma.

Selain itu, demi menjaga keharmonisan dalam keluarga, kita juga perlu memahami beberapa gangguan fungsi seksual, tujuannya untuk apa agar bisa ditanggulangi atau diobati.

Berikut adalah beberapa masalah seksual pria, yang saya kutip dari laman hellosehat;

1.Disfungsi ereksi, 
Umumnya disebut dengan impotensi, yaitu kondisi ketika penis tidak bisa ereksi secara optimal untuk berhubungan seks. Hal ini merupakan masalah yang paling umum seiring  dengan bertambahnya usia. Penyebab lainnya adalah gangguan hormon, kondisi psikologis, kelebihan berat badan, obat-obatan tertentu, alkohol, merokok, stroke, diabetes dan lainnya.

2.Ejakulasi dini,

Yaitu kondisi dimana pria berejakulasi lebih cepat dari yang diinginkan saat berhubungan seksual. Para ahli menyatakan bahwa penyebab terbesar masalah seksual pria ini terkait dengan faktor psikologis seperti rasa cemas berlebih, stress, perasaan bersalah dan lainnya. 
Jika ternyata ditemukan adanya gangguan terhadap fungsi seksual seperti tersebut diatas, janganlah sampai menjadi faktor yang merusak keharmonisan rumah tangga. Hal tersebut harus dibicarakan bersama pasangan dan harus segera dicarikan solusinya. Segera konsultasikan dengan dokter ahli. Dengan menggunakan obat kuat seperti Ericfil mungkin bisa menjadi solusi, apalagi  harga Ericfil masih bisa terjangkau untuk banyak kalangan. Walau banyak yang beranggapan bahwa harga Ericfil ini terjangkau, namun penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan dan harus dengan resep dokter. 


Mengenal Ericfil

Ericfil 100 Mg 4’S merupakan jenis obat kuat yang mengandung  Sildenafil  Citrat. Obat ini dapat membantu pria dewasa yang mengalami disfungsi ereksi. Adapun cara kerja obat ini adalah dengan mempengaruhi pembuluh darah di sekitar alat kelamin pria. Meskipun harga Ericfil ini terjangkau, namun yang harus digaris bawahi  adalah bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga seharusnya bisa didapatkan dengan resep dokter.
Obat Kuat Kualitas Sperma


Manfaat : Mengatasi disfungsi ereksi
Komposisi : Sildenafil sitrat 100mg
Dosis : 50 mg atau sesuai kebutuhan, dan dosis maksimal 100 mg/hari
Aturan Pakai : dikonsumsi  satu jam sebelum berhubungan seksual
Efek samping: sakit kepala, Maag, muka merah, hidung tersumbat , gangguan penglihatan.
Kontraindikasi: pasien yang menggunakan nitran organik secara teratur, dan pasien hipersensitif terhadap komponen obat.

Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan pada pasien dengan kondisi : pasien gangguan kardiovaskular berat, pasien dengan riwayat stroke atau infark miokard, kehilangan 1 mata karena neuropati optik iskemik antorior non-arteritik  atau gangguan retina degeneratif herediter, tekanan darah rendah, kerusakan hati yang parah dan lainnya.
 

Apakah Obat Kuat mempengaruhi kualitas sperma?

Mengutip penjelasan dari dr. Cinta Ayu Abutari, Sp. And. yang dimuat di laman rsud.tulungagung.go.id,  “ Penggunaan obat kuat diciptakan untuk merangsang pembuluh darah pada penis dan tidak mempengaruhi cairan mani. Sehingga obat kuat sendiri tidak mengganggu kesuburan kualitas sperma”. 
Dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa penggunaan obat kuat seperti Ericfil tidaklah mempengaruhi kualitas sperma dan kesuburan pria. Meskipun demikian dan harga  Ericfil bisa dibilang terjangkau, namun penggunaanya tetaplah harus dengan resep dokter, mengingat kondisi setiap individu berbeda-beda. Semoga bermanfaat dan kita sehat selalu.


Tidak ada komentar

Terima kasih mau menuliskan komentar disini