Temukan Sisi Kekanak-kanakan dalam Outbond di Wahana Surya Bengkulu

April 30, 2018

Pukul 07 kurang 15 menit, suara toa masjid depan rumah sudah terdengar mengeraskan suara ceramah ustad kondang sejuta ummat yang berasal dari ponsel sang penjaga masjid, selain ceramah biasanya lantunan qasidah atau lagu Islami acap diputar sebagai pertanda ada kegiatan kerja bakti di masjid. Saya segera bergegas mandi, tapi bukan untuk ikut kerja bakti loh yah, melainkan untuk mengikuti outbond di Wahana Surya. 

Outbond ini merupakan bagian dari rangkaian acara refreshment divisi sparepart PT.Thamrin Brothers Bengkulu yang dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama, Sabtu 7 April kegiatan berupa training skill up karyawan bertempat di Ruang Meeting HO PT.Thamrin Brothers. Sedangkan untuk hari kedua, Minggu 8 April kegiatan berupa outbond di taman Wisata Wahana Surya di Bengkulu Tengah.

Saat saya berisiap-siap, si Budi (sebut saja inisialnya Budi, karena namanya Budi,hehehe) datang menjemput. Tak perlu berlama-lama kami segera berangkat karena khawatir akan terlambat. Dan benar saja sampainya di lokasi Wahana Surya sekitar jam 08.05, sebenarnya sudah terlambat dari yang dijadualkan untung saja acaranya belum dimulai. Kami langsung isi absensi kemudian langsung gabung dengan kawan-kawan yang berkelompok-kelompok sedang bersenda gurau ringan.Tak lama kemudian panitia menginstruksikan agar berkumpul karena acara akan dimulai, tapi foto dulu yah;

outbond wahana surya
Supervisor Part Cabang Bengkulu dan Gudang Stock Point Bengkulu

Acara diawali dengan kata sambutan dari pihak Management PT.Thamrin Brothers yang disampaikan oleh Pak Billy Leonardi selaku GM.After Sale. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar kami bisa memanfaatkan momen ini, menikmati permainan yang disuguhkan dan mengambil pelajaran dari setiap kegiatan yang dilakukan untuk menambah semangat baru.
"sisi kekanak-kanakan setiap orang itu masih ada, nah tuangkanlah dalam kegiatan outbond ini" begitu canda Pak Billy di akhir sambutannya.

Kata sambutaan selanjutnya dari pihak PT.YIMM yang diwakili oleh Pak Hasrat Maringan, beliau menyampaikan ucapan terima kasih karena rekan-rekan sudah meluangkan waktu untuk ikut kegiatan ini. Setelah sambutan kemudian peserta outbond diserahkan dari Pihak PT.Thamrin Brothers ke Pihak Wahana Surya, dan untuk selanjutnya peserta outbond dikomandoi oleh pihak Wahana Surya. Peserta outbond ini berjumlah 34 orang yang terdiri dari Supervisor Sparepart Cabang di Bengkulu dan semua Karyawan Gudang Stock Point dari PT.Thamrin Brothers. Sedangkan untuk mengomandoi kegiatan ini dari Team Wahana Surya terdiri dari Bro Ari, Bro Agus dan Sist evi. Oh, iya ada peraturan yang harus ditaati, yaitu dalam acara ini tidak ada namanya atasan atau bawahan, semua disamaratakan, dengan panggilan Bro untuk laki-laki dan Sist untuk perempuan, jika memanggil rekan dengan sebutan nama atau selain dari bro dan sist, maka akan dihukum. Hukumannya dibedakin, yah gak apalah hitung-hitung melindungi muka dari sengatan matahari, #ngeles#


Sesuai dengan temanya untuk merefresh  atau refreshing, jadi kegiatan outbond ini adalah permainan tetapi bukan sekedar main-main, karena selain permainan ada pelajaran atau hikmah yang bisa dipetik dari jenis permainan yang dilakukan. Beberapa permainan yang sempat kami mainkan bersama diantaranya; (tapi nama permainannya suka-suka saya yah,  tidak ada kamus permainannya)

1. Memindahkan hula hoop tanpa dipegang.
Jadi permainan ini adalah membutuhkan kerjasama dari semua anggota. Semua peserta berpegangan tangan membentuk sebuah lingkaran yang besar. Hula hoop diletakkan di titik awal yaitu di antara pegangan tangan dua peserta, hula hoop harus dipindahkan dengan tanpa dipegang, artinya hula hoop harus melewati tubuh setiap peserta agar bisa dipindahkan dari peserta yang satu ke pesarta yang lain sampai kembali ke titik awal tadi. Emang bisa tanpa dipegang? Bisa dong, makanya tidak boleh berpikir susah dulu, laksanakan setelah dilaksanakan akan tahu hasilnya seperti apa. Begitu juga dalam hal pekerjaan, kita tidak boleh banyak mengeluh ini susah, ini sulit, itu tak mungkin, semua tugas dan kewajiban harus kita laksanakan dulu, baru nanti dapat kita ketahui hasilnya. Intinya jangan banyak penolakan terhadap suatu perubahan atau tantangan.
outbond wahana surya
Permainan melatih  kerjasama tim

Kembali ke hula hoop tadi, permainan ini ditargetkan dengan waktu, jadi hula hoop harus sampai kembali ke titik awal dalam jangka waktu hitungan menit. Kami ditargetkan harus menyelesaikan dalam waktu 3 menit, berkat kerjasama semua peserta target tersebut dapat tercapai bahkan dalam waktu kurang dari 3 menit. Hebat kan kami? Ya eyalah.....kerjasama 

2. Polisi mengejar pencuri
Permainan ini masih menggunakan hula hoop, bedanya boleh dipegang dan holahopnya ada 2 buah. Hula hoop pertama lebih kecil dinamakan pencuri, dan hula hoop kedua dinamakan polisi. Jadi tugasnya adalah polisi harus mengejar pencuri. Caranya peserta yang memegang hula hoop harus memindahkan hula hoop setelah terlebih dahulu harus melewati badan sebanyak dua kali. Nah hula hoop harus cepat-cepat dipindahkan karena jika peserta mendapat 2 hula hoop sekaligus artinya pencurinya tertangkap dan mendapat hukuman. Sepandai-pandai tupai main hula hoop melompat, ada kalanya jatuh juga. Sepintar-pintarnya pencuri, akan ketangkap juga, selihai-lihainya seseorang menutupi kejahatan lambat laun akan ketahuan juga. So, lakukan kebaikan dan  jangan melakukan kecurangan di tempat kerja yah,,,

3. Motor-Lalu Lintas-Mobil -Raflesia
Permainan ini menurut saya adalah seleksi alam, mencari pasangan membentuk kelompok . Jadi cara permainannya, kira-kira seperti ini; jika panitia menyebutkan "motor" maka peserta mencari pasangan membentuk seperti orang yang sedang berboncengan naik motor. Jika disebutkan "lalu lintas" maka peserta membentuk kelompok tiga orang dengan pormasi duduk, jongkok dan berdiri sambil membuka dan menutupkan kepalan jari tangan yang diibaratkan seperti lampu yang berkedip. Jika panitia menyebutkan "mobil" maka peserta harus membentuk kelompok empat orang, dan saat panitia menyebut " Raflesia", peserta membentuk kelompok lima orang, dimana empat orang berpegangan tangan membentuk lingkaran dan satu orang lagi ditengah. Serunya permainan ini, panitia akan menyebutkan "motor, lalu-lintas, mobil dan raflesia" secara acak, sehingga setiap menyebutkan kata-kata tersebut selalu menyisakan peserta yang tidak dapat pasangan. Peserta yang tidak dapat pasangan dapat hukuman. Dalam permainan ini kita diingatkan akan status kita sebagai makhluk sosial yang tidak bisa bekerja sendiri, akan tetapi kita juga tidak boleh menggantungkan sepenuhnya kepada orang lain atau teman, ada kalanya kita akan ditinggalkan karena pada suatu kondisi tertentu kita semua adalah dalam kompetisi untuk menjadi yang terbaik.
outbond wahana surya
" Lalu lintas" maka bentuk formasi seperti ini



4.Tupai-Pemburu-Penebang-Kebakaran
Mengawali permainan ini peserta membentuk kelompok kecil yang teridiri dari tiga orang. Dua orang berdiri dinamakan pohon dan satu orang lagi dengan posisi duduk disebut tupai. Panitia akan menyebutkan, Pemburu, Penebang atau Kebakaran secara acak. Jika disebutkan pemburu, maka pohon tetap di tempat dan tupai harus berpindah ke pohon yang lain. Sebaliknya jika disebutkan penebang maka tupai tetap di tempat dan pohon harus mencari pasangan membentuk pohon baru dan bergabung dengan tupai. Kemudian jika disebutkan kebakaran, maka semua anggota baik tupai dan pohon harus berpindah dan membentuk kelompok yang baru. Di setiap perpindahan tersebut akan ada peserta yang tidak kebagian pasangan, nah dialah yang akan mendapat hukuman. Permainan ini hampir sama dengan permainan nomor 3 di atas, mengingatkan kita sebagai makhluk sosial dan tidak boleh terlalu tergantung dengan orang lain dan kita semua sama-sama berjuang.
outbond wahana surya
Peserta yang tidak dapat pasangan dapat hukuman


5.Gajah-semut-ular-cacing
Permainan ini menguji ketajaman nalar , ekspresi dan logika, lebih berhubungan dengan IQ.
Cara permainannya begini: jika panitia menyebutkan 'gajah' maka peserta harus menjawab dengan "besar" dan diekspresikan dengan menunjukkan ujung kelingking yang disentuhkan dengan ujung jempol (seolah kecil). Kemudian jika disebutkan "semut" maka peserta menjawab dengan "kecil" tapi diekspresikan dengan mengangkat kedua tangan dan menggerakkannya membentuk lingkaran besar (seolah besar). Jika disebutkan "ular" maka peserta menjawab panjang tapi diekspresikan dengan mensejajarkan telapak tangan kiri ke kanan tetapi dengan jarak yang sangat dekat (seolah pendek). Dan jika disebutkan "cacing" maka peserta menjawab pendek dan diekspresikan dengan mensejajarkan telapak tangan kiri dan kanan dengan jarak yang agak berjauhan (seolah panjang).
Ribet amat sih, ya iya namanya juga permainan, yang salah gak masuk neraka koq, cuma hukuman panitia doang, paling juga bopeng dibedakin. Permainan ini melatih kita untuk konsentrasi dan kecepatan berfikir.

6.Maju-mundur-kanan-kiri-sebenarnya dan kebalikannya.
Permainan ini hampir sama dengan permainan nomor 5, hanya saja permainan ini permainan kelompok. Kelompok yang rapi akan dapat point dan yang melakukan kesalahan tetap dapat hukuman. Permainannya cuma lompat maju mundur kanan kiri sebenarnya atau sebaliknya. Panitia akan menyebutkan sebenarnya atau sebaliknya. Jika panitia memberi aba-aba sebenarnya, kemudian memberi aba-aba ke kanan, maka peserta harus lompat ke kanan, aba-aba ke kiri lompat ke kiri, aba-aba maju lompat ke depan, aba-aba mundur lompat kebelakang. Tetapi jika panitia memberi aba-aba sebaliknya, kemudian aba-aba kanan, maka peserta lompat ke kiri, aba-aba maju lompat ke belakang, aba-aba ke kiri lompat ke kanan begitulah seterusnya. Capek gak? Capeklah, lebih capek dari maju mundur cantik Syahrini. Tapi tak apalah karena permainan ini melatih konsentrasi dan kekompakan juga.



7. Membawa kelereng dan memasukkan ke dalam ember melalui lobang kecil.
Memindahkan kelereng pake sendok itu mah biasa ya, tapi kali ini beda memindahkan kelerengnya bersama-sama, kelerengnya satu, orangnya banyak, kelerengnya satu orangnya banyak, wealah koq malah jadi yel yel sih. 
Permainan ini tugasnya adalah membawa dan memindahkan kelereng dengan media berupa papan datar yang berbentuk lingkaran yang ditepi-tepinya sudah diikatkan tali, ujung tali inilah yang akan dipegang setiap peserta untuk membawa media ini. Kelereng yang dipindahkan mesti melewati lobang kecil yang ada pada media. Karena dilakukan bersama, maka permainan ini butuh keseimbangan dan kekompakan, cukup mengikuti satu komando jangan sampai semua peserta saling mengatur, jika satu sisi saja yang tidak seimbang maka kelereng akan bergerak kemana-mana bahkan jatuh, bila terjatuh dianggap batal dan harus ulang start lagi. Jadi inti  dari permainan ini peserta dilatih untuk  menjaga keseimbangan, kekompakan dan perlunya mengikuti komando pimpinan.
outbond wahana surya
Latihan menjaga keseimbangan


8. Permainan High rope
Nah ini dia permainan yang paling ekstrim diantara permainan yang kami lakukan dalam kegiatan outbond ini. Permainan High rope merupakan permainan tali diatas ketinggian. Diperlukan keberanian dan sangat memacu adrenalin. Bagi yang takut ketinggian mungkin akan kesulitan melakukan permainan ini, karena dalam permainan ini kita berada di atas ketinggian. Bentuk permainannya ada berbagai macam memanjat, berjalan diatas seutas tali dan medan-medan lainnya yang dibuat sedemikian rupa. Permainan ini cukup berbahaya, jadi mesti dilengkapi dengan peralatan untuk keamanannya, kemudian bagi yang ada riwayat penyakit yang berhubungan dengan jantung, disarankan untuk tidak mengikuti permainan ini. Dont try it this home!  Yups, karena di rumah tidak ada area dan perlengkapan untuk permainan ini,,hehe.
outbond wahana surya
Demi keamanan, gunakan atribut lengkap dan tetap dalam kontrol panitia


Pengalaman saya mengikuti permainan ini awalnya sangat ambisi, tapi begitu sampai di atas mulai agak ngos-ngosan, dan detak jantung jadi tambah kencang ada rasa gemetar bila melihat ke bawah. Tapi life must go on, rintangan harus dilewati. Saya tekadkaan dalam hati bahwa berani memulai harus sampai selesai. Saya abaikan pemandangan di bawah dan fokus pada gerak langkah kaki, alhamdulillah satu, dua rintangan dapat dilalui. Disela perjuangan melewati rintangan-rintangan itu terlintas syukur kepada Tuhan memiliki tubuh yang kurus, bisa lebih ringan melangkah di ketinggian, akan lebih susah tentunya bila dengan postur tubuh yang over weight alias gendut. (Ups. yang gendut jangan berkecil hati yah, mau kurus atau gendut tetap harus berbaik sangka pada Allah, semua pasti ada hikmahnya ).
outbond wahana surya
Berjalan di rel gantung, (Foto by: Sukoyo )
outbond wahana surya
Bersyukur kurus, jadi lebih fleksibel,hehe ( Foto by: Sukoyo )

Kembali ke permainan high rope, bagi saya permainan ini menumbuhkan rasa tanggung jawab besar, dimana jika sudah memulai maka harus berani menyelesaikan sampai finish, karena jika sudah sampai di atas kita tidak bisa turun, panitia tidak menyiapkan tangga. Kita hanya bisa turun melalui flying fox yang berada di akhir arena high rope ini. Satu lagi yang perlu digaris bawahi adalah mengingat permainan ini termasuk permainan berbahaya, harus gunakan atribut lengkap dan tetap patuhi instruksi dari panitia. Jika teman-teman berminat untuk outbond dapat menghubungi pihak Wahana Surya Bengkulu 

9. Flying-fox
Dari serangkaian rintangan-rintangan permainan high rope di atas diakhiri dengan flying fox. Sampai di sini sudah merasa lega, karena rintangan sudah dilewati. Permainan flying fox banyak disukai karena tinggal meluncur dari atas ketinggian melalui tali atau sling tetapi harus dilengkapi dengan peralatan lainnya agar safety atau aman. Kelihatannya sih enak tinggal meluncur, tetapi ada rasa was-was dan takut juga ketika mau terjun, secara dari ketinggian yang muncul dalam pikiran kita bakal jatuh. Disinilah salah satu manfaat permainan ini yaitu menumbuhkan keberanian. Bagi peserta yang tidak berani terpaksa harus didorong secara paksa. Setelah meluncur, sensasinya luar biasa, segar dan dapat menyaksikan pemandangan di bawah, stress pun hilang. Like flying without wings. Sampai di ujung berasa kurang, ketagihan dan ingin mencoba lagi.
So, untungnya di Wahana Surya ada area flyng fox yang lebih panjang yang biasa digunakan jadi tinggal bilang sama panitia untuk main flying fox lagi. yuhuuu....

outbond wahana surya
Berasa terbang tak bersayap

Permainan telah selesai, hari sudah petang, babang lelah dek . 
Oh iya lupa, jadi permainan no. 6-8 adalah permainan kelompok yang dinilai, kami terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Mio dan kelompok N-max.   Tibalah saatnya pengumuman pemenang, dan panitia mengumumkan bahwa perlombaan dimenangkan oleh kelompok Mio. Namanya juga permainan, semua kelompok dapat hadiah (kayaknya hadiahnya sama dan udah diatur,,hehe). Hadiahnya adalah satu kardus makanan ringan, permen, chiki-chiki dan sebangsanya. Dan kami manikmati hadiah tersebut bersama-sama. Kembali saya teringat akan apa yang disampaikan oleh Pak Billy dalam kata sambutannya di awal, bahwa sisi kekanak-kanakan kita itu masih ada. Dan ternyata iya, disadari atau tidak apa yang kami lakukan dalam outbond ini masih mengandung unsur kekakak-kanakan, mulai dari permainan-permainan hingga makan makanan ringan jajanan anak-anak (Like a childreen ).

outbond wahana surya
Seru-seruan makan chiki-chiki rame-rame 

Acara terakhir mereview sekilas dari kegiatan-kegiatan  yang dilakukan hari ini, dari pihak PT. Thamrin Brothers dan panitia dari  Wahana Surya. Dan di pengujung acara ada penyampaian motivasi untuk para peserta oleh Bapak Andreas dari pihak Wahana Surya. 

outbond wahana surya
Penyegaran dengan motivasi dari Bpk. Andreas


" Bagaimana kita mengubah dunia? Lakukan yang terbaik, jangan pernah memikirkan apa pendapat orang tentang kita "  Andreas Wahana Surya.

You Might Also Like

22 komentar

  1. wih.. keren dah. Kegiatan outbond ini penting banget ya untuk menjaga kekompakan sesama rekan kerja. Sekalian refreshing juga biar gak kerja terus.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,,sesekali refresh biar gak jenuh banget

      Hapus
  2. permainan yang simple jadi mengasyikkan jika dimainkan bersama kolega. Buat mencairkan suasana dan rileks dari tuntutan kerja selama ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,,relax sejenak dari kesibukan rutinitas

      Hapus
  3. Seru ya kak acaranya.. Pengen ikutan jugaaaaa.. Suka outbond soalnya. Heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk,,ajak mak Bobe outbond abis lebaran

      Hapus
  4. Seru yaaa outbound gini bikin makin akrab

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, yang biasanya cuma denger suara via telepon, nah ini langsung ketemu bermain bersama-sama.

      Hapus
  5. kalo udah outbond, lupakan pencitraan diri kakak, jalanin aja asal sukses dan menang, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mak, gak pake malu-malu gak pake jaim.

      Hapus
  6. Seru ya, sy dah lama ga outbond ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun ini pengalaman pertama outbond,,

      Hapus
  7. Seru juga ya outbond. Udah lama saya gak outbond hihihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru-seruan, setelah selesainya kecape-an.

      Hapus
  8. Widih, asiknya pak, jadi nambah referensi games seru buat dilakukan ntar sama teman teman heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali perlu juga nge-games buat menghilangkan stress kerja

      Hapus
  9. ASik ya bang, bisa main-main sambil gerak badan, sehatnya dapet...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Capek dikit gak apa yah kak, yang penting menyehatkan, semangat kerja tumbuh kembali.

      Hapus
  10. Aku selalu suka acara outbond outbond begini bang. Suasana bareng teman kantor biasanya bakal lebih cair, banyak ngakaknya. :D

    BalasHapus
  11. Bener banget, gak ada segan-seganan, gak ada jaim-jaim an, meningkatkan keakraban

    BalasHapus
  12. Lucu dan seruu aktivitasnya ...
    Pasti jadi satu cerita pengalaman sangat berkesan.

    BalasHapus
  13. Iya Mas, kadang jadi bahan ledekan kalo lagi pas ngumpul-ngumpul.

    BalasHapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini


Komunitas Blogger Bengkulu

Postingan Populer


Ikatan Majelis Tilawah Al-Qur'an Bengkulu