Mengikuti Flash Blogging Bengkulu sebagai Peran Blogger "Menuju Indonesia Maju"

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hai sunners semua apa kabar, selalu dalam keadaan sehat ya. Salam jum'at barokah, hari ini Jumat tanggal 27 April 2018, semoga kita semua selalu mendapat berkah dari Allah. Salah satu berkah bagi saya hari ini adalah bisa hadir mengikuti acara Flash Blogging Bengkulu 2018. Mengapa saya bilang berkah? Iya dong karena  tidak semua orang yang bisa mengikuti event ini. Alhamdulillah saya blogger termasuk orang yang beruntung  dapat memenuhi undangan dari KOMINFO untuk mengikuti acara ini. Semoga sunners semua juga mendapat berkah-berkah yang lainnya yah apapun itu, yang harus kita syukuri.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam undangan, bahwa acara ini diselenggarakan  pada hari ini, Jum'at tanggal 27 April 2018 berlokasi di Hotel Amaris Bengkulu. Acara yang diselenggarakan ini merupakan kerjasama dari Direktorat Kemitraan Komunikasi dengan Tim Komunikasi Presiden (TKP) dan mengambil tema : " Menuju Indonesia Maju". Acara ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan jaringan komunikasi dengan media komunitas blogger sebagai mitra kerja untuk mendiseminasikan  informasi dan untuk meningkatkan kreativitas komunitas blogger dalam penulisan blog di media.

Pasti pada pengen tahu kan acaranya bagaimana? Nah dalam waktu yang singkat ini, saya akan mencoba berbagi sekilas tentang acaranya, karena waktu yang disediakan untuk menulis ini singkat, jadi ceritanya singkat aja yah:

Pembukaan
Dalam sesi pembukaan ini adalah penyampaian kata sambutan dari beberapa pihak terkait, yaitu sebagai berikut:
1. Sambutan dari Sekretaris Dinas Kominfo TIK Provinsi Bengkulu yang disampaikan oleh Bapak Ferry Ernez Parera. Dalam sambutannya Bapak Ferry meminta para blogger untuk lebih banyak menuliskan hal-hal yang bermanfaat, terutama untuk kemajuan di Provinsi Bengkulu umumnya. Diakhir sambutannya Bapak Ferry mengharapkan agar para peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya. Dan kegiatan ini diharapkan akan bisa terus berlanjut untuk kemudian hari, tidak cukup disini saja.

flash blogging bengkulu 2018
Doc.Pribadi


2. Sambutan kedua yaitu dari Direktur Kemitraan Komunikasi, Bapak Dedet Surya Nandika

flash blogging bengkulu 2018
Doc. Pribadi

3. Pembacaan Do'a.
Ya, sudah selayaknya disetiap kegiatan harus kita iringi dengan do'a agar kegiatan yang dilaksanakan berjalan lancar dan mendapat berkah dari Allah.
flash blogging bengkulu 2018
Doc. Pribadi


Pembacaan do'a tersebut sebagai penutup dari sesi pembukaan.
Sebelum berlanjut ke sesi Talk Show dari narasumber, acara dilakukan dengan foto bersama:

flash blogging bengkulu 2018
Foto by Twitter Kak Komi Kendy ( izin share foto nya ya kak komi )

Talkshow
Ini merupakan acara inti dari kegiatan hari ini, dan dalam talkshow ini menghadirkan dua orang narasumber sebagai berikut;

1. Andoko Darta , beliau dari Tim Komunikasi Presiden yang menyampaikan pandangan dari Sudut Istana. Bapak Andoko Darta menyampaikan bahwa hoax  itu tidak berbahaya. Berbahaya kalau hoax itu menyebar. Hoax itu bak bisa ular, membunuh dan mematikan bila bisa itu menyebar. Dari sudut istana sering sekali dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan keburukan atau hoax. Untuk itu kita selaku blogger harus sebanyak mungkin menebar hal-hal yang baik yang positif saja, memberantas hoax. Dalam pemaparannya Bapak Andoko Darto  banyak menyampaikan video tentang sebagian kegiatan yang berhubungan dengan tujuan untuk menuju Indonesia Maju. Kita harus bisa menyampaikan yang benar adalah benar dan mengatakan yang  salah dengan benar. Dalam akhir pemaparannya Bapak Andoko Darto menyampaikan kembali quote yang dikutif dari Bapak Sukardi Rinakit sebagai berikut;" Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia "


flash blogging bengkulu 2018
Foto by Twitter Intan Komala Sari ( inokari.com)


2. Mira Sahid ,  beliau sering disebut  Emak Blogger seIndonesia, bisa dikatakan beliau adalah penggiat atau penggerak Blogger di Indonesia terutama untuk Blogger Perempuan. Beliau Pendiri Kumpulan Emak Blogger. Dalam pemaparannya Mbak Mira Sahid lebih berbagi seputar pengalaman blog, manfaat blog dan bagaimana kreatif untuk menulis di blog. Menulislah yang baik-baik karena tulisan itu mencerminkan diri kita. Di media online kita dikenal dari tulisan kita.
Di akhir pemaparannya beliau menyampaikan  pesan " Tetaplah Menulis maka akan tahu siapa dirimu"
flash blogging bengkulu 2018
Doc. Pribadi

Dari kegiatan ini saya menyimpulkan bahwa sebagai blogger saya juga bisa berperan untuk mewujudkan  gerakan " Menuju Indonesia Maju " , misalnya dengan menulis dan berbagi konten positif yang melawan hoax. Mengatakan yang benar adalah benar dan menyampaikan yang salah dengan benar.
Kira-kira menurut teman sunners semua, apa saja yang dapat kita lakukan untuk ikut serta berperan dalam"Menuju Indonesia Maju"?

Di akhir acara semua peserta diberikan tantangan untuk menulis cepat seputar kegiatan ini. Dan tulisan inilah hasilnya.
Terima kasih sudah bersedia membaca. Mohon dikoreksi jika ada yang salah. CMIIW



17 komentar

  1. Maju terus Indonesiaku, kita blogger punya peran juga ya, go go go

    BalasHapus
  2. Keren banget 2 pembicaranya.
    Kapan lagi ketemu sama staf kepresidenan sama founder KEB :D Langka bangeet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya saya bilang, ikut acara ini merupakan berkah.

      Hapus
  3. Sayang banget aku gk bisa ikutan flash blogging waktu itu, mupeng banget jadinya ka.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak, jarang-jarang ada acara kayak gini

      Hapus
  4. Bagian mba mira aku sneng banget karena memberi ilmu baru buat kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, nyampein materi nya santai tapi berisi, orangnya ramah lagi.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Iya, dapat ilmu baru, dapet kawan baru.

      Hapus
  6. Melawan berita HOAX ini yang utama.. nice :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, kalo menurut Pak Andoko dengan menyampaikan yang benar adalah benar dan menyampaikan yang salah dengan benar.

      Hapus
  7. Keren2 ya kak.. Smaga ada lag acara kek gni..

    BalasHapus
  8. Lengkap banget ulasannya. Moga next ada lagi acara beginian yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin,,semoga ada lagi dan diajak lagi,,

      Hapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini