Buka Bareng Madrasah Ibtidaiyah Ikhwanul Djauhariah Bengkulu

Juni 07, 2018

Madrasah Ibtidaiyah Ikhwanul Djauhariah

Sabtu 26 Mei 2018, bertepatan dengan 10 Ramadhan 1439H, hari itu kondisi cuaca agak kurang bersahabat, susah ditebak, kadang panas, mendung, gerimis bahkan hujan selalu berubah dalam tempo yang cepat. Tapi biarkanlah tak perlu kau campuri itu kuasa Allah, syukuri saja apa yang ada. Sambil berharap semoga jangan turun hujan dulu, kami bertiga ( Ney ikut )  berangkat ke Sekolah MI Ikhwanul Jauhariyah daerah Perumdam Bengkulu. Yeay kami mengahdiri acara berbuka bersama di sekolah ini.
Acara berbuka bersama ini merupakan yang pertama kali diadakan sejak sekolah ini berdiri. Oh iya sekolah ini masih tergolong baru,mulai dioperasikan sejak 4 tahun lalu. Artinya siswa-siswi di sekolah ini baru hanya dari kelas 1 sampai kelas 4.
Ketika kami sampai, anak-anak banyak yang sudah duduk rapi di tempat yang dipersiapkan di ruangan Aula sekolah ini, ada yang sedang mengambil wudhu, sebagian juga ada yang masih bermain-main. Tak lama kemudian, setelah mendengar instruksi dari Guru Kepala sekolah, anak-anak semuanya menempati  aula dan tidak boleh lagi ada yang bermain atau berkeliaran di lapangan sekolah. Semua duduk rertib sambil mendengarkan pengarahan dari Kepala Sekolah. Dari croschek sekilas oleh Kepala Sekolah terhadap siswa sekolah ini ternyata tidak semuanya yang datang. Ada juga sebagian yang berhalangan hadir. 
Ada yang menggelitik lucu ketika salah seorang siswa ditanya tentang perihal kenapa temannya tidak datang.
" katanya dio dak mau nak bagi-bagi makanan, buk" jawabnya polos.
 Sontak saja anak-anak dan guru ketawa,  kemudian langsung dijelaskan oleh Kepala sekolah bahwa pihak sekolah  tidak pernah meminta-minta makanan ataupun memungut bayaran untuk acara ini. “Kita semua bawa makanan masing-masing, guru-guru tidak pernah mengharapkan makanan dari kalian” tegas ibu Kepala sekolah.
Yup, jadi untuk kalian ketahui semuanya yah (yang baca ), acara berbuka bersama ini memang sengaja diadakan untuk menjalin kekompakan dan kebersamaan saja. Siswa tidak perlu membayar sepeserpun, membawa bekal masing-masing dan tidak perlu untuk memberi guru. Jangan negatif thinking, apalagi su’uzon menuduh guru yang tidak-tidak yah. Rasanya tidak memberatkan toh? Semoga di tahun berikutnya buka bersamanya beserta wali siswa jadi keakraban antara pihak sekolah dan wali siswa juga bisa terjalin.

Madrasah Ibtidaiyah Ikhwanul Djauhariah
Menunggu waktu berbuka dengan mendengar ceramah

Sembari menunggu waktu berbuka, acara diisi dengan ceramah singkat yang disampaikan oleh guru.
Ada perasaan  bangga   dan haru ketika melihat anak-anak yang sedang menunggu berbuka ini, terlihat seakan-akan makanan yang ada  di hadapan mereka adalah ujian terberat dalam hidup. Saking penuh harapnya untuk segera berbuka,  ada yang  langsung minum ketika mendengar suara sholawat yang mengalun karena dikira suara adzan maghrib. Hemmm, gak apa lah dek yah, latihan sabar, toh seumur kalian hukumnya belum wajib, tapi latihan berpuasa sejak dini itu lebih baik, semoga ketika sudah baligh nanti sudah terbiasa berpuasa.
Waktu yang ditunggu pun akhirnya tiba, suara  azan maghrib di masjid terdekat sudah terdengar sebagai pertanda waktu berbuka. Tak terkatakan betapa bahagia nya anak-anak ini yang langsung bersyukur dan melafaskan doa berbuka puasa secara bersama-sama. Semua berbuka seadanya dulu kemudian sholat Maghrib berjamaah. Setelah selesai Sholat Maghrib berjamaah, session buka puasa dilanjutkan. Bagi siswa yang sudah berbuka dan sudah dijemput oleh walinya  diperbolehkan pulang. Karena saat itu turun hujan, ada sebagian siswa yang pulang dengan melakoni drama hujan-hujanan, bersama walinya. Hemm, diantara kalian ada gak yang kangen mandi ujan-ujanan? Berarti masa kecil anda bahagia,,,heheheh.

Oke, semua siswa sudah dijemput walinya, kami pun segera bersiap-siap untuk pulang, namun kami perlu  membereskan dulu semua perlengkapan agar meninggalkan tempat dalam kondisi rapi kembali.
Sampai jumpa di buka bersama  Madrasah Ibtidaiyah Ikhwanul Djauhariyah Bengkulu lain waktu.(Semoga aja kita semua panjang umur ketemu Ramadhan tahun depan dan bukber lagi,,aamiin)

Oh iya bentar lagi mau ajaran baru kan yah? Mana tahu ada yang sedang mencari-cari sekolahan untuk anak, adek, keponakan atau cucu mungkin? Nah ini saya akan bagikan informasi seputar Sekolah Madrasah Ini:
Madrasah Ibtidaiyah Ikhwanul Djauhariah


MADRASAH IBTIDAIYAH IKHWANUL DJAUHARIAH

Alamat : 
Jalan Sepakat 3 RT.06 RW. 02 Kel. Kandang Mas Kec. Kampung Melayu Kota Bengkulu

Visi:
“Mencetak Generasi Terampil, Cerdas, Beriman dan Berkhlak Mulia"


Misi :

  1. Memberikan pembelajaran ilmu pengetahuan yang mendalam dan berkualitas serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 
  2. Mengedepankan perkembangan yang seimbang antara kemampuan spiritual, kemampuan intelektual dan kemampuan emosional siswa dengan mengedepankan nilai-nilai Islami.
  3. Menciptakan suasana yang kondusif bagi perkembangan siswa dalam rangka membentuk kepribadian siswa yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia.
  4. Menciptakan lulusan yang terampi dan berprestasi di bidan Iptek, Imtaq, Olahraga, Seni dan Budaya, sesuai minat, bakat dan potensi siswa.
  5. Menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara sekolah dan masyarakat, antara sekolah dengan orang tua siswa dan antara sekolah dengan instansi lain, baik secara vertikal maupun horizontal.
Kelebihan MI Ikhwanul Djauhariah:
  1. Biaya Sekolah yang ringan
  2. Gedung milik sendiri
  3. Lokasi aman dan dapat dijangkau dengan kendaraan
  4. Mengajarkan Pelajaran Agama, Pelajaran Umum dan Pelajaran Tambahan ( Tahfidz, Iqra', Hafalan do'a dan Surat Pendek )
  5. Program pengembangan diri yang terdiri dari Rebana, Sholawat dan Dzikir, Paduan Suara, Tari, dan Pidato/Ceramah.
  6. Menyelenggarakan Program Pembagian Rapot Bulanan dan Program TPQ, yaitu anak-anak dibimbing mengaji dan menghafal hadits-hadits, do'a serta praktik ibadah sebelum memulai kegiatan belajar ( Sholat Dhuha )
  7. Memiliki halaman yang luas untuk tempat bermain anak.

Nah jika ingin informasi yang lebih detail lagi bisa langsung saja ke Sekolah ini sesuai dengan alamat di atas. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

17 komentar

  1. Madrasag lebih baik. Lebih baik madrasah!

    BalasHapus
  2. Wah pasti seru banget buka puasa barang anak-anak.. Dlu aku sempat mengajar di SD juga. Jadi rindu..

    BalasHapus
  3. Wah pasti seru banget buka puasa barang anak-anak.. Dlu aku sempat mengajar di SD juga. Jadi rindu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rame-rame,,seru dan lucu melihat kepolosan mereka.

      Hapus
  4. Moga makin kompak ya MI Ikhwanul Djauhariah Bengkulu..

    BalasHapus
  5. masya Allah.. anak2 perlu dikenalkan nilai2 kebersamaan seperti ini, terlebih sekolah dengan dasar Islam di dalamnya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar nilai-nilai kebaikan sejak dini. Makasih kak sudah singgah di laman ini, salam kenal dari Pulau Sumatera.

      Hapus
  6. “Mencetak Generasi Terampil, Cerdas, Beriman dan Berkhlak Mulia" , saya suka dengan visi utama dari sekolah ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, semoga visi dan misi sekolah ini bisa tercapai. Aamiin.

      Hapus
  7. MashaAllah seru ya anak2 nya banyak
    Semoga berkah

    BalasHapus
  8. Rencana si atahifah mau dimasukin ke MI juga. Yang dekat rumah saja. Moga bisa lebih baik dan bermanfaat

    BalasHapus
  9. Pas denger shalawat langsung nenggak minuman. LOL. Ada-ada aja kelakuan adek-adek. Tapi gakpapa, practic make perfect ya bang xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, untung saja seusia mereka secara hukum belum diwajibkan.

      Hapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini


Komunitas Blogger Bengkulu

Postingan Populer


Ikatan Majelis Tilawah Al-Qur'an Bengkulu