Doa Setelah Bulan Ramadhan Berlalu

Juni 25, 2018

(Pasca Ramadhan Part 1)

Assalamualaikum , semoga sunners dalam keadan sehat walfiat.
Patut kita bersyukur kepada Allah SWT, karena atas anugrah  dan limpahan rahmat serta nikmat kepada kita sehingga sampai saat ini, kita masih diberikan nikmat umur oleh Allah SWT sehingganya pada hari ini (saat publish) Senin, 25 Juni 2018 bertepatan dengan 11 Syawal 1439H kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan,  dengan demikian berarti telah sepuluh hari  berlalu Ramadhan meninggalkan kita.
doa setelah bulan ramadhan berlalu
Sedih dan Rindu manakala Ramadhan beranjak berlalu

Wallahu a’lam tidak ada yang bisa memastikan apakah kita semua yang masih diberikan nikmat umur oleh Allah sampai saat ini akan bisa bersua, akan bisa kembali berjumpa  dengan bulan suci Ramadhan di tahun yang akan datang, bisa kita isi aneka ragam ibadah yang ada di dalamnya  serta nuansa yang begitu semarak ketika berada di dalam bulan suci Ramadhan itu, hanya Allah lah yang tahu dan tidak pula ada satu pun diantara kita yang bisa memastikan segenap rangkaian ibadah, amal sholeh yang sudah kita lakukan selama  satu bulan Ramadhan itu, dapat diterima oleh Allah SWT, hanya Allah pula lah yang tahu apakah segenap   amal ibadah yang sudah kita lakukan di bulan Ramadhan yang lalu itu diterima-Nya.

Kita hanya bisa berharap, kita hanya bisa bermohon. Itulah sebabnya Syeh Ibnu Rajab mengemukakan para ulama zaman dahulu karena tidak ada kepastian apakah Ramadhan tahun yang  akan datang kita masih bisa berjumpa kembali, tidak pula bisa memastikan apakah amal ibadah yang sudah kita lakukan selama Ramadhan yang lalu itu diterima oleh Allah SWT.  Makanya para ulama salafussholeh, mereka  enam bulan setelah selesai mengerjakan ibadah Ramadhan senantiasa berdoa kepada Allah, agar seluruh amal ibadah yang sudah dilakukan selama satu bulan itu dapat diterima Allah SWT. Begitu pula enam bulan setelah itu mulai dari bulan Rabiul Akhir sampai menjelang datangnya bulan Rajab, mereka senantiasa berdoa agar disampaikan umur mereka ke bulan Ramadhan yang berikutnya.

Hanya doa yang bisa kita panjatkan seperti yang dilakukan oleh para ulama, mudah-mudahan segenap amal ibadah yang sudah kita lakukan selama satu bulan penuh itu dapat diterima oleh Allah SWT. Para ulama saja mereka alim, banyak amal sholehnya, enam bulan setelah Ramadhan senantiasa mereka berdoa semoga amal ibadah mereka dapat diterima. Diantara doa-doa yang senantiasa mereka amalkan adalah salah satu doa yang makbul, doa yang termaktub di dalam Al-Qur’an, sebagaimana doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim As, ketika Nabi Ibrahim dan putranya Ismail As, selesai mendirikan bangunan Ka’bah, lalu Ibrahim berdoa kepada Allah : Robbana taqobbal minna innaka antassami’ul  alim, watub ‘alaina innaka antat tawwabur rohim. Doa ini termaktub di dalam surat Al Baqarah  ayat 127-128. “ Wahai tuhan kami terimalah seluruh amal ibadah kami, sesungguhnya  Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya  Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”. Itulah yang sering diamalkan para alim ulama supaya segenap amal ibadah yang sudah dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT. Pantas pula lah kita melakukan apa yang dilakukan oleh para ulama sholeh, kita berdoa kepada Allah semoga amal kita dapat diterima oleh Allah SWT.
Semoga bermanfaat.

( Ditulis berdasarkan isi khutbah Jum’at yang disampaikan oleh Ustad Syahidin, Lc.MA.Hum)


You Might Also Like

21 komentar

  1. Semoga dapat bertemu Ramadhan tahun depan ... Amin

    BalasHapus
  2. Aamiin..ya Robbal alamin..

    BalasHapus
  3. Semoga tahun depan bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan, bulan penuh berkah & ampunan. :)

    BalasHapus
  4. Aamiin, semoga tahun depan bisa ketemu Ramadhan lagi dan bisa puasa, aamiin.

    BalasHapus
  5. Optimis kita akan bertemu bulan ramadan tahun depan, aamiin

    BalasHapus
  6. Sedih ya kak berpisah dg bulan Ramadhan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, semoga ibadah kita diterima dan berjumpa lagi dengan Ramadhan yang akan datang

      Hapus
  7. Smga kta dipertmukan lagi oleh Allah di Ramadhan akan datng

    BalasHapus
  8. Semoga ketemu lagi dengan Ramadhan tahun depan. Dalam kondisi yang lebih baik. Dan mendapatkan yang terbaik. Aamiin.

    BalasHapus
  9. Doa yang juga bisa kita baca sehari-hari ya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, doanya singkat sehingga mudah dihafal.

      Hapus
  10. Syukron kak sudah berbagi dan saling mengingatkan doa setelah ramadhan, semoga kita semua mash dipertemukan di Ramadhan selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak. Semoga doa kita dikabulkan Allah SWT. Aamiin.

      Hapus
  11. Semoga ibadah kita di bulan ramadhan kemarin menjadi diterima oleh Allah, serta semangat ramadan perlu senantiasa digemakan dalam sanubari kita, aamiin

    BalasHapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini


Komunitas Blogger Bengkulu

Postingan Populer


Ikatan Majelis Tilawah Al-Qur'an Bengkulu