Hubungan Antara Startup Dengan Venture Capital Yang Perlu Kamu Ketahui


hubungan startup dengan venture cavital

Assalamualaikum, 
Hai sunners, dalam kesempatan ini kita membahas informasi seputar bisnis dan teknologi. Dunia bisnis sekarang sudah tidak seperti dulu. Seiring dengan berkembangnya teknologi semakin banyak pendatang. Pendatang baru di dunia bisnis dalam bidang teknologi yang usahanya baru akan dimulai atau sudah tumbuh dan berkembang lebih dikenal sebagai startup. Ada berbagai startup yang bergerak di banyak bidang yang berbeda. Ada yang menjual produk berupa barang ada juga yang menjual jasa. Startup tersebut tidak bisa lepas dari yang namanya venture capital. Hubungan keduanya sangat erat dan tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. keduanya saling melengkapi dan membutuhkan.

Bagaimana sih Hubungan Startup Dengan Venture Capital itu?
Convergence sebagai salah satu venture capital Indonesia yang diperhitungkan di dunia bisnis teknologi dan media di Indonesia mempunyai hubungan yang baik dengan rekanannya. Bahkan Convergence sudah bekerja sama dengan pemodal besar dari luar negeri seperti dari Cina supaya lebih dikenal dan reputasinya semakin diperhitungkan. Hubungan yang baik perlu dilakukan demi keberlangsungan usaha dan pengembangannya. Adapun hubungan antara keduanya adalah sebagai berikut.

1. Mentoring
Hubungan keduanya yang pertama adalah hubungan antara mentor dan mentee atau anak didik. Dalam hal ini startup adalah mentee yang diajari bagaimana membangun bisnisnya. Bukan hanya itu, startup juga diberikan pengetahuan bagaimana cara melakukan kesepakatan dengan perusahaan lain supaya mau menggunakan jasa atau membeli produknya. Hal tersebut bukan sesuatu yang mudah karena secara tidak langsung harus membuat orang lain percaya kepada Anda. Jika kepercayaan sudah didapat maka pemasaran produk lebih mudah dilakukan. Jadi sebagai startup usahakan bekerja sama dengan modal venture yang menyediakan mentoring seperti Convergence.

2. Pemodal dan Penerima
Hubungan selanjutnya adalah antara pemberi modal dan yang diberi modal. Bagi startup pasti kesulitan untuk mengajukan pinjaman ke bank sebagai modal. Dari sinilah, para startup diberikan modal oleh venture capital untuk memulai usahanya. Lama pinjaman biasanya sudah ditentukan di awal kesepakatan antara keduanya. Startup sangat terbantu karena modal diberikan secara flexible jadi tidak memberatkan. Selain itu, pihak startup bisa membayar modal yang sudah diberikan dengan saham. Sedangkan dengan modal yang diberikan, startup bisa menjaring pasar yang lebih luas lagi dan mengembangkan target pasar.

3. Marketing
Dengan bekerja sama dengan venture capital yang sudah mempunyai nama, maka startup bisa lebih mudah untuk memasarkan produk. Hal ini dikarenakan pembeli atau pengguna jasa lebih percaya dengan kualitas produk. Di samping itu, startup dibantu untuk pemasaran produk. Dengan membantu pemasaran, maka produk yang terjual akan lebih banyak. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh perusahaan startup lebih besar. Hal itu berbanding lurus dengan keuntungan yang diperoleh modal venture. Jadi tidak salah memang kalau modal venture melakukan pemasaran melalui iklan agar produk dikenal.

4. Venture Capital Sebagai Manager
Hubungan yang lainnya adalah sebagai manager. Pihak modal venture memberikan bantuan dalam bidang manajemen perusahaan. Hal ini bukan karena tidak percaya pada startup melainkan membantu agar perusahaan startup bisa mengelola usahanya dari awal. Di sisi lain, startup bisa belajar secara langsung bagaimana mengelola perusahaan barunya dan pekerjaan juga lebih mudah karena bantuan dari modal venture. 
hubungan startup dengan venture cavital
Kerjasama yang baik akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Sumber : pixabay


Hubungan antara startup dengan venture capital merupakan hubungan yang sangat erat. Keduanya saling melengkapi satu dengan yang lain. Jadi jika teman-teman sunners berniat menjadi seorang startup di bidang teknologi bekerja samalah dengan Convergence Venture Capital Indonesia. Kunjungi convergencevc.com untuk memperoleh informasi lebih detail. Dapatkan modal untuk memulai usaha dan jadilah pengusaha muda yang mempunyai reputasi bagus di Indonesia dengan memanfaatkan bantuannya.
Semoga bermanfaat. 

11 komentar

  1. Semoga makin banyak pebisnis muda yang muncul di Indonesia. Kita butuh bnyak pebisnis mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak,semoga dengan banyak yang berbisnis, banyak juga manfaatnya buat kita.

      Hapus
  2. Mau deh coba jadi pebisnis muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau juga broh,,,ajak-ajak saya ya kalo ada peluang bisnis.

      Hapus
  3. Aku koq blum faham ya yg beginian.. Lebih tepatnya belum mau memahami .Hehes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, nanti ada masanya ketika dirimu sudah terjun di dunia kerja atau memulai bisnis.

      Hapus
  4. Bagus juga nih ya bentuk kerjasamanya. Kalau punya start up boleh dicoba

    BalasHapus
  5. Ayoklah bebisnis kita bang, biar cepat kita sholat di nabawi dan mesjid biru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuklah, mulai aja dulu,,setidaknya mulai dipikirkan.

      Hapus
  6. Alhamdulillah kalo hubungan mereka baik2 saja. Ini penting buat ke depan soalnya bakalan booming

    BalasHapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini