Kriteria Koperasi Simpan Pinjam yang Terpercaya

Kriteria Koperasi Simpan Pinjam Terpercaya


Assalamualaikum wr wb, hai sunners, jumpa lagi kita.
Dalam postingan kali ini kita akan ngebahas masalah bagaimana memilih koperasi simpan pinjam yang baik dan berkualitas. Siapa sih yang tidak mengenal koperasi. Hampir semua orang mengenalnya dengan baik dan bahkan menganggapnya sebagai suatu bentuk usaha yang pro rakyat. Jenis dari bisnis yang dinaungi badan hukum tersebut ada berbagai macam, salah satu yang populer ialah koperasi simpan pinjam. Jenis ini memungkinkan kita menjadi anggotanya lalu mendapat berbagai keuntungan positif. Sayangnya beberapa kasus telah mengemuka dimana penipuan kerap terjadi di sektor usaha satu ini, sehingga kita kudu selektif memilih ya gaes,,,


Ciri-Ciri Koperasi Simpan Pinjam yang Berkualitas dan Terpercaya
Berbagai kasus bermodus koperasi simpan pinjam yang pernah kita dengar tentu sangat meresahkan. Masyarakat pun menjadi panik dan kurang percaya lagi untuk menjadi anggotanya. Padahal tidak semua koperasi terbukti melakukan penipuan. Sebab banyak juga koperasi yang  terbukti kompeten dan bisa diandalkan. Jadi kejelian kita saat memilih salah satu lembaga semisal koperasi ini akan menjadi faktor penting. Makanya kita harus  mengenali bagaimana ciri-ciri koperasi yang terpercaya itu, yuk sama-sama kita chek.

1. Memiliki Legalitas yang Jelas
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa KOSPIN merupakan usaha yang memiliki badan hukum. Jadi suatu koperasi dikatakan berkualitas tentu harus memilikinya. Paling tidak mempunyai surat legalitas resmi dari kementrian negara koperasi dan usaha kecil menengah Indonesia. Legalitas tersebut menjadi bukti bahwa perusahaan itu terkait kuat dengan pemerintah. Jadi penipuan mustahil terjadi.

2. Memiliki Surat Sehat dari Pemerintah
Usaha ini bukanlah tanpa pengawasan negara, melainkan pengawasan merupakan hal lumrah terjadi. Nah bila kementrian terkait memberikan sertifikat sehat itu berarti semua kegiatan di dalamnya tidak terjadi kecurangan dan penggelapan. Jika kita menemukan koperasi yang berjalan secara sehat maka sebaiknya tidak usah ragu untuk bergabung menjadi anggotanya. Kemungkinan penipuan jelas tidak ada.

3. Melakukan Rapat Anggota Secara Berkala
Koperasi sangat mengedepankan anggota usaha di dalamnya. Dalam kegiatan sehari-harinya peran setiap anggota memiliki peran yang sangat penting. Wujud dari kualitasnya juga di ukur dari rajinnya dalam melakukan diskusi secara berkala. Hal itu demi menciptakan kemajuan dan peningkatan setiap sektor. Bahkan kini ada salah satu koperasi yang memanfaatkan teknologi dengan cara rapat online. Sangat menarik bukan?

Kriteria Koperasi Simpan Pinjam Terpercaya
sumber:pixabay

4. Peringkat Provinsi dan Nasional
Ada cara lain mengetahui kriteria koperasi simpan pinjam tersebut berkualitas atau tidak. Tips ini sangatlah mudah untuk dilakukan dan efektif. Bagaimana tidak, Anda hanya perlu mencari tahu perusahaan bersangkutan berada di urutan berapa saat ini baik peringkat provinsi maupun nasional. Bila koperasi berperingkat yang baik maka sudah jelas bahwa kualitaslah yang menjadi daya tarik apa yang ditawarkan. Jadi jangan memilih koperasi yang berperingkat rendah yang belum terbukti terpercaya.

5. Dana diAudit Secara Berkala
Maksudnya ialah bahwa setiap dana yang ada dilakukan pengecekan secara berkala oleh auditor independen. Sebenarnya hal itu merupakan kewajiban yang harus dilakukan mengingat pemerintah sendiri sudah melakukan aturan demikian. Maka setiap detail keuangan jadi lebih jelas dan lebih rinci. Baik buruknya perusahaan pun akan terpampang dengan sangat jelas. Nah jika terbukti memiliki kans yang baik maka kita tidak perlu ragu untuk bergabung.
Kriteria Koperasi Simpan Pinjam Terpercaya
sumber:pixabay


Demikian beberapa kriteria koperasi simpan pinjam yang berkualitas dan terpercaya. Mengetahui beberapa hal di atas akan sangat penting mengingat beberapa kasus penipuan sempat mengemuka. Tentu kita tidak ingin bukan bergabung dengan koperasi yang salah? Bukannya menguntungkan malah rugi yang di dapat. Please deh, jangan sampailah kayak gitu. Intinya ialah cari perusahaan yang benar-benar menawarkan kualitas seperti pracico.com yang telah puluhan tahun dipercaya oleh berbagai kalangan.
Semoga bermanfaat.

6 komentar

  1. Waah info yang bagus untuk diketahui ni kak....

    BalasHapus
  2. Terkadang ada juga koperasi di beberapa daerah tidak jelas RAT-nya. Trims info menariknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanya kita kudu teliti sebelum berurusan dengan koperasi

      Hapus
  3. Setelah baca2 kini sedikit banyak tau cara memilih koperasi yang terpercaya. Terima kasih ya infonya.

    BalasHapus
  4. Sama-sama kak, semoga bermanfaat.

    BalasHapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini