5 Tempat Wisata Murah untuk Backpacker di Solo

Assalamualaikum, hai sunners, semoga selalu bahagia yah.

Gak kerasa nih kita sudah hampir melewatkan bulan pertama di 2019 ini, oh yah sunners, apakah Anda termasuk orang yang akhir tahun kemaren gak sempat berliburan dikarenakan banyaknya kegiatan atau tidak mendapatkan izin karena kebanyakan yang cuti serentak. So, jangan kecil hati,  mungkin sekarang saatnya giliran kita yang liburan. Biar praktis dan efisien, kita backpakeran ajah. Nah  jika teman-teman sedang merencanakan perjalanan liburan dan masih bingung mau berliburan kemana?  Mungkin kota Solo bisa menjadi pilihan.

Mengapa memilih Kota Solo? Kota Solo selalu menjadi destinasi wisata populer bagi para backpacker. Bermacam destinasi wisata menarik dan unik sayang untuk dilewatkan. Dengan bujet minim, Anda bisa mendatangi berbagai tempat wisata yang hanya ada di Solo. Apa saja tempatnya? Yuk, disimak

1. Puro Mangkunegaran
Jika Anda berencana ke Solo, Anda harus mendatangi Pura Mangkunegaran yang beralamatkan di Jl. Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Terkenal di kalangan para wisatawan, puro ini merupakan istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat tinggal keluarga besarnya. Bentuk bangunan yang berarsitektur Jawa Eropa, menjadi salah satu keunikan yang dapat Anda temukan. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000, Anda dapat berkeliling melihat isi puro bersama pemandu. Asyik, bukan?

wisata murah di Solo
sumber: situsbudaya.id


2. Taman Balekambang
Destinasi wisata murah di Solo selanjutnya adalah Taman Balekambang. Taman Balekambang ini merupakan taman rekreasi dan edukasi yang terletak di Jl. Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta. Dengan luas sekitar 10 hektare, kawasan tersebut dibagi menjadi dua: Taman Air Partini dan Hutan Partinah. Di Taman Air Partini, Anda bisa melihat permainan perahu. Sebaliknya, di Hutan Partinah, Anda dapat melihat koleksi tanaman langka dari berbagai jenis. Untuk masuk ke sini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis. Hemat, bukan?
wisata murah di Solo
sumber: solopos.com


3. Kampung Batik Laweyan
Bepergian ke Solo tidaklah lengkap tanpa mendatangi Kampung Batik Laweyan. Seperti namanya, kawasan ini merupakan kampung batik yang sangat terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda bisa menyusuri gang-gang kecil di area Kampung Batik Laweyan; hampir setiap pemilik rumah menekuni kesenian batik dan menjadikan rumah mereka sebagai showroom batik. Selain melihat-lihat, Anda bisa berfoto di sana karena Kampung Batik merupakan kawasan cagar budaya dengan bangunan bersejarah.

wisata murah di Solo
sumber: solo.tribunnews.com


4. Gladag Langen Bogan (Galabo)
Gladag Langen Bogan atau yang dikenal dengan Galabo merupakan Malioboro-nya Solo. Pada malam hari, kawasan tersebut menjadi pusat wisata kuliner yang menawarkan aneka makanan dan jajanan khas Solo. Sambil menikmati udara malam yang sejuk, Anda bisa mencicipi tengkleng, wedang ronde, wedang dongo, sate kere, dan mi toprak. Jangan takut kehabisan duit karena makanan di sini sangatlah terjangkau, cocok bagi backpacker. 
Jika Anda datang ke Galabo saat akhir pekan, Anda bisa melihat pertunjukan musik dari seniman Solo. Galabo buka dari pukul 17.00 sampai 24.00 setiap hari. Tempat ini berlokasi di Jl. Mayor Sunaryo, tepatnya di depan Benteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo.
wisata murah di Solo
sumber: wikipedia


5. Keraton Surakarta
Keraton Surakarta merupakan ikon yang sangat terkenal di Solo. Bangunan yang berdiri tahun 1975 ini didirikan oleh Paku Buwono II dan hingga kini menjadi tempat tinggal keluarga besar Paku Buwono. Keraton Surakarta terletak di pusat kota dan memiliki perpaduan arsitektur bangunan Eropa dan Jawa. Selain bangunan yang unik, Anda bisa melihat koleksi benda bersejarah yang ada di museum di Keraton Surakarta, seperti alat transportasi, benda pusaka, dan lain-lain. Untuk masuk ke keraton, Anda harus membayar Rp10.000 dan tambahan Rp3.500 untuk izin mengambil gambar.

wisata murah di Solo
sumber: budayajawa.id


Masih ragu bepergian ke Solo? Solo merupakan tempat wisata yang ramah untuk kantong backpacker. Segera kunjungi situs resmi Airy untuk melakukan booking hotel di Solo. Dapatkan promo Airy demi mendapatkan harga murah sewa kamar. Hotel-hotel yang tergabung dalam jaringan Airy, seperti hotel di Salatiga, Jember, dan lain-lain dilengkapi dengan 7 jaminan fasilitas kelengkapan yang dapat membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan. Dapatkan akses yang lebih mudah langsung di ponsel pintar Anda di Android dan iOS dengan menginstal aplikasi Airy.
Semoga bermanfaat.



.

24 komentar

  1. Soolo makanannya masih murah murah yaa, enak banget... Bisa subur kalau disana wuehehe

    BalasHapus
  2. Iya mas, makanan enak, warganya pun ramah-ramah,,

    BalasHapus
  3. Terimakasih rekomendasi sejumlah lokasi wisata di Solo, mas Sunardi.
    Dikesemua lokasi diatas, baru keraton Surakarta yang sudah kujelajah areanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, semoga bermanfaat, liburan jadi maksimal.

      Hapus
  4. Wah terima kasih banyak nih informasinya. Pas kalau nggak berubah Maret mau jalan sama teman teman kuliah ke Solo.

    BalasHapus
  5. Dicatat nih mas daftar tempat wisatanya.. udah lama pengen ngider Solo ama Jogja

    BalasHapus
  6. Balekambang kalau di solo itu taman ya, kalau di Malang ada pantai balekambang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malang banyak juga ya tempat wisatanya,,,

      Hapus
  7. Keraton, aku belum pernah ke sana. Suka aja dengar kata keraton kesannya gimana gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebayang ke masa ala-ala kerajaan gitu kan mbak

      Hapus
  8. kemarin pas wisata ke Solo aku sempat mampir ke keraton surakarta sayangnya keraton tersebut lagi nggak dibuka untuk umum jadi sedih deh nggak bisa masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode alam tuh mbak, biar ngulang lagi jalan ke Solo

      Hapus
  9. Wah, meskipun solo dan jogja dekat, saya belum pernah sekalipun secara khusus berwisata ke solo. Baca ini jadi mupeng deh, pengen ke sana... Tfs mb...

    BalasHapus
  10. Seru ni bisa jalan2 ke solo terjangkau laaa , kapan y k solon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa terealisasikan mbak,,aamiin

      Hapus
  11. Ya ampun aku terakhir ke Solo pas SMA hahahaha berapa puluh tahun yang lalu. InsyaAllah 2019 ini bisa ke Solo

    BalasHapus
  12. Mau ke kampung batik! tempatnya unik dan bisa memborong kain batik. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Godaan buat buk-ibuk ini mah gak bisa melirik batik-batik nan cantik

      Hapus
  13. Seru banget ya tempat wisatanya, ikutan pengen ke Solo deh yang terkenal dengan wisata murah uhuy, pasti mantul banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantul dan tambah seru lagi kalo rame-rame kayaknya mbak

      Hapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini