Kamukah selanjutnya yang lolos SBMPTN? Yuk ikuti 6 Tips Sukses SBMPTN

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Hallo sunners, mungkin kalian adalah milenials yang masih larut dalam suasana  bahagia yang luar biasa dengan berita kelulusan kalian, atau mungkin sedang sedih karena harus berpisah dengan teman-teman akrab selama di sekolah, atau bahkan sedang galau mau melanjutkan pendidikan kemana? Nah buang kegalauan yah, kudu semangat. Live must goon. Yuk segera move on.  Milenials jangan terlena, perjuangan jangan berhenti sampai di sini. Melanjutkan pendidikan adalah pilihan tepat, agar kita bisa menjadi insan yang berkualitas.

Untuk bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang tidak mudah ya gaes. Jika kita bertekad untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kita  harus siap-siap bersaing ketat dengan banyak orang.


Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang disingkat SBMPTN merupakan ujian tertulis yang akan menyeleksi kamu agar bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri dengan jurusan yang kamu pilih. Kali ini, SBMPTN sudah memasuki gelombang ke dua loh, mulai dari tanggal 11 hingga 26 Mei 2019 loh. Waahh kalian sudah siap belum nih untuk menghadapi tes SBMPTN yang kedua kali, atau mungkin untuk pertama kalinya nih? 

Nah, berikut ini ada tips sukses SBMPTN yang bisa kamu praktekkan ya.


  • Pelajari Website SBMPTN
Sebelum kita berjuang, alangkah baiknya kita mengecek website SBMPTN  agar tahu bagaimana sistem penerimaan mahasiswa lewat jalur SBMPTN ini. Cek juga apakah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kamu impikan terdaftar lewat jalur SBMPTN ini, begitu juga dengan jurusannya ya.


  • Pelajari Soal-soal yang Sebelumya
Jadi soal yang ada di SBMPTN memang di buat khusus untuk menyaring pelajar-pelajar yang benar-benar memiliki mental dan bekal ntuk perkuliahan yang akan datang. Makanya, kamu harus punya gambaran nih soal-soal SBMPTN itu seperti apa, yang jelas akan berbeda jauh ya dengan Ujian Nasional.

Banyak latihan yang bisa dipilih.


  • Belajar melalui aplikasi Ruangguru
Jika kamu bosan dan butuh referensi soal, bisa banget nih kamu memakai aplikasi Ruangguru. Dijamin pasti akan membantu kamu banget. Tidak hanya soal-soal saja yang disajikan tetapi juga pembahasannya loh yang membantu kita agar lebih mudah memahami. Selain itu video didalamnya juga menarik, apalagi latihan soal dan rangkumannya bisa di simpan loh teman-teman.

Materi belajar yang dibuat menarik dan bisa disimpan.


  • Optimis dan Semangat
Jika kamu gagal dalam tes SBMPTN yang pertama, jangan putus asa ya teman-teman. Bangkitlah dan masih banyak peluang untuk dapat lolos SBMPTN. Jika kamu baru pertama kali mengikuti tes ini, jangan grogi atau pun stress, karena akan mempengaruhi hasil kamu nantinya.


  • Luangkan Untuk Istirahat
Belajar terus-terusan sih boleh, tapi jangan juga lupa istirahat ya teman-teman. Kasian otak dan tenaga kamu yang sudah bekerja keras untuk menghadapi SBMPTN. Selain itu, jangan sekali-kali kamu mencoba untuk bergadang ya. Itu akan mengganggu konstrasi kamu dan membuat kepala kamu sakit di esok harinya. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih dan makan makanan yang bergizi.


  • Berdoa
Kalau sudah berusaha dengan sungguh-sungguh, jangan lupa untuk tetap rajin beribadah dan juga berdoa. Ini penting loh teman-teman. Berdo'a, memohonlah kepada Allah Yang Maha Kuasa atas  Segala-galanya. Bukankah Allah sudah menjanjikan kepada hambanya : " berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan" . Jangan sampai  meninggalkan point ini yah!

Nah, dari 6 tips sukses SBMPTN di atas semoga bisa membantu kamu yang sedang mempersiapkan diri menjelang SBMPTN ya. Tetap semangat dan good luck!
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Terima kasih mau menuliskan komentar disini