Varian Minuman Segar Yang Pas Untuk Menemani Buka Puasa Di Bulan Ramadhan

Assalamu'alaikum . Hai sunner, semoga sehat dan bahagia selalu yah.
Gak terasa yah, bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Semoga pada hari "h"nya nanti kita dapat melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainya dengan maksimal, baik yang wajib maupun yang sunnah. Diantara sunnah yang sering kita jalankan dan paling banyak disukai adalah saat berbuka, misalnya menyegerakan berbuka jika sudah tiba waktunya, dan berbuka dengan yang manis-manis. Nah dalam tulisan kali ini saya akan coba berbagi tentang beberapa pilihan minuman segar untuk menu buka puasa, siapa tahu bisa jadi referensi.

Minuman yang segar dan manis tentunya menjadi pilihan yang banyak dibuat orang untuk menu buka puasa di bulan Ramadhan. Bahkan bisa dilihat sendiri seberapa banyak penjual di pinggiran jalan yang menjajakan menu-menu minuman yang segar untuk menu takjil. Untuk membuat minuman yang segar menemani buka puasa sebenarnya tak perlu susah-susah. Apalagi kini banyak minuman sachet yang dijual dengan harga terjangkau yang bisa anda kreasikan untuk menjadi minuman segar. Dan anda bisa membeli berbagai pilihan minuman sachet ini di Ilotte.com dengan harga yang terbaik. Ada banyak pilihan minuman yang bisa anda temukan disini untuk menu takjil di bulan Ramadhan nanti. Jika anda masih bingung membuat minuman apa yang cocok untuk menu buka puasa, mungkin varian minuman di bawah ini bisa anda coba.



1. Sop Buah
Minuman segar ini menajdi salah satu menu takjil favorit banyak orang. Apalagi saat menjelang buka puasa, ada banyak penjual sop buah yang bisa anda temukan di pinggiran jalan. Untuk membuat sop buah ini juga mudah, anda bisa siapkan 3-4 jenis buah-buahan segar. Untuk jenis buah yang dipakai sebenarnya bebas, seperti jeruk, strawberry, semangka, buah naga, papaya, melon, anggur, dan lainnya.

Cara membuatnya, siapkan terlebih dahulu bahan yang digunakan seperti susu kental manis, sirup rasa strawberry, dan air matang, serta buah-buahan yang sudah dipotong kecil-kecil campurkan saja potongan buaha-buahan tersebut, kemudian tambahkan es serut, susu dan sirup.

minuman segar buka puasa

2. Es Kacang Hijau
Minuman yang kaya akan nutrisi ini juga direkomendasikan menajdi salah satu minuman yang cocok untuk menu buka puasa. Rasanya yang manis akan mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Es kacang hijau tersebut juga mudah dibuat di rumah. pertama-tama, rendam kacang hijau yang mentah ke dalam air hangat samoai mengembang. Kemudian rebus kacang hijau agar teksturnya lebih empuk. Untuk kuah nya bisa dibuat dengan menggunakan air rebusan daun pandan, sedikit santan, gula merah cair, dan susu kental manis. Jika ingin menyajikannya dingin maka tambahkan es batu kemudian sajikan.
minuman segar buka puasa


3. Es Blewah
Salah satu minuman asli Indonesia ini juga sering dibuat banyak orang untuk menemani buka puasa. Rasanya yang segar dan manis menjadi favorit banyak orang terutama saat bulan Ramadhan tiba. Es blewah ini bisa anda buat sendiri di rumah dengan kreasi sendiri. Siapkan buah blewah dan serut daging buah. Untuk kuah nya anda bisa membuatnya dari sirup rasa cocopandan. Akan lebih nikmat saat ditambahkan dengan susu kental manis putih. Jangan lupa menambahkan es batu agar rasanya lebih segar dan dingin. Dijamin akan memberikan kesegaran saat berbuka puasa.

4. Es Cendol
Es Cendol atau yang juga dikenal juga dengan nama Es Dawet menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Minuman manis khas dari Indonesia ini sangat populer ketika bulan Ramadhan tiba. Bahan utama dari Es Cendol ini adalah dawet yang terbuat dari tepung hunkwe dan beras. Kemudian adonan dawet ditambahkan dengan pewarna makanan sehingga tampilannya lebih menarik. Biasanya ada dawet yang berwarna hitam kecoklatan dan ada pula dawet yang berwarna hijau. Untuk kuahnya yang manis, menggunakan santan yang dicampurkan air rebusan daun pandan. Rasa manis nya yang khas didapatkan dari gula merah cair. Dan untuk rasa manisnya ini bisa anda atur sendiri kadarnya.
minuman segar buka puasa


5. Es Campur
Perpaduan potongan buah alpukat, cincau hitam, daging kelapa muda, mutiara merah, potongan buah nangka, dan kolang kaling di dalam satu porsi es campur akan memuaskan dahaga setelah seharian berpuasa. Rasanya yang segar sekaligus mengenyangkan memang sering digunakan untuk menu takjil berbuka puasa. Jika sebelumnya anda hanya membelinya di penjual es. Es campur ini bisa anda buat sendiri di rumah dengan mudah dan dapat dikreasikan sendiri.

6. Es Biji Selasih
Biji selasih ini bisa anda dapatkan dari tanaman selasih yang mudah ditemukan. Di dalamnya, ada banyak nutrisi dan manfaat baik untuk kesehatan. Hal ini karena di dalamnya mengandung tymol, eugenol, metal eugenol serta berbagai macam vitamin, lemak dan juga serat. Nikmatnya biji selasih dengan dikombinasikan nata de coco bisa menjadi salah satu menu minuman yang segar untuk buka puasa di bulan Ramadhan.

Jika anda masih bingung untuk membuat menu minuman ini, sebenarnya caranya sangatlah mudah. Pertama-tama anda bisa merendam dahulu biji selasih yang mentah di dalam semangkok air. Tunggu hingga bijinya mengembang. Anda bisa membuat kuah minuman ini dengan mencampur sirup rasa strawberry/melon dan dicampurkan dengan air matang. Untuk pelengkap, tambahkan potongan buah ke dalam kuah dan kemudian campurkan dengan biji selasih. Agar semakin segar tambahkan es batu. Es biji selasih ini sangat pas untuk anda hidangkan sebagai minuman berbuka puasa.

minuman segar buka puasa

7. Es Timun Suri
Buah timun suri memang menjadi primadona yang paling banyak dicari saat bulan Ramadhan tiba. Anda bisa menjadikan buah timun suri ini menjadi salah satu es yang menyegarkan. Timun suri sering digunakan sebagai bahan campuran ke dalam berbagai jenis minuman, seperti es buah. Namun tak hanya segar saja, es mentimun suri ini juga memiliki kalium yang tinggi yang banyak bermanfaat menjaga kesegaran tubuh setelah seharian berpuasa. Sehingga hidangkan minuman segar ini untuk menu takjil keluarga anda.

8. Es Kelapa Muda
Segarnya es kelapa muda memang tak pernah ada matinya. Tak hanya segar dikonsumsi saat siang hari, namun es ini juga cocok dihidangkan saat berbuka puasa. Apalagi jika dihidangkan lagsung dari buah kepalanya. Tak hanya bisa menyingkirkan dahaga setelah seharian penuh berpuasa. Namun kesegaran dari es kelapa mudah ini juga dapat menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang ketika berpuasa.
minuman segar buka puasa


9. Jus Jeruk
Jika anda ingin minuman yang simple namun kaya akan vitamin yang tinggi, maka es jeruk ini akan sangat mudah untuk anda buat menu takjil. Minuman yang kaya vitamin C dan elektrolit ini juga bermanfaat menghindari kelelahan dan dehidrasi. Apalagi setelah seharian menjalani ibadah puasa. Jangan lupa untuk menambahkan es batu agar menciptakan rasa yang segar saat meminumnya.

minuman segar buka puasa


10. Es Teh
Rasanya es teh menjadi menu yang selalu dibuat untuk menu buka puasa. Minuman ini paling gampang untuk membuatnya, dan pasti tak asing lagi khan? Tak hanya karena mudah dibuat, namun minuman ini memiliki rasa yang segar. Cocok untuk menghilangkan dahaga di kala bulan Ramadhan. Apalagi kini ada berbagai macam varian teh yang dijual di pasaran yang bisa anda kreasikan sendiri.

Nah itu tadi beberapa varian minuman segar untuk menu buka puasa yang bisa anda buat sendiri di rumah. Jika anda tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan minuman-minuman di atas, anda bisa membeli minuman instan yang banyak dijual di pasaran, salah satunya di Ilotte. Dapatkan berbagai pilihan minuman lezat yang sangat nikmat untuk dijadikan menu buka puasa. Hemm,,,jadi gak sabaran mau buka puasa. Yang pastinya puasa dulu dong ya, haha
Semoga bermanfaat.

Keterangan : Sumber gambar dari doc. Google.com

Baca juga  : Doa Setelah Ramadhan Berlalu

6 komentar

  1. sop buaaaahhhh! Favorit dari dulu :D. ga prnh bosen. duuuh salab banget nih liat beginian pas msh puasa dan lg panas2nyaaa wkwkwkwkkw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga jadi inspirasi ya mbak. Dan semoga puasa kita gak batal yah wkwkwk,,,terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  2. yang enak itu es teh mas
    bikinnya gampang
    modalnya murah dan tetap enak untuk memndampingi makanan apapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo nian tuh mbak,,gampang,,,dan jadi alternatif

      Hapus
  3. Mungkin salahnya lihat nih postingan sedang dalam keadaan puasa kali ya, menggoda

    BalasHapus
  4. hahah,,yakinlah mak ichi,,semoga godaan ini menjadikan kita lebih berkualitas, dan lebih menambah kekuatan iman kita,,heheh

    BalasHapus

Terima kasih mau menuliskan komentar disini