Mengenali Asuransi Jiwa


Assalamu'alaikum,,
Semoga sunner dan pembaca semua dalam keadaan sehat selalu. Berbicara mengenai kesehatan kita sama-sama tahu, belakangan sempat dihebohkan oleh assuransi kesehatan dengan segala polemiknya.  So kita doakan saja semoga assuransi tersebut berjalan sesuai jalurnya.
Nah kali ini kita tidak usah ngebahas assuransi kesehatan yang itu yah, kita bahas mengenai assuransi jiwa saja. Sudahkah anda memiliki assuransi jiwa?
Baiklah, sebelum anda memutuskan untuk memilih assuransi jiwa, saya akan mengajak Anda mengenal assuransi jiwa.

contoh assuransi jiwa


Asuransi jiwa merupakan kontrak perjanjian asuransi antara Anda sebagai pemegang polis atau tertanggung dengan perusahaan asuransi jiwa sebagai penanggung. Dalam hal ini perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah nominal uang jika terjadi risiko kematian terhadap pihak pemegang polis asuransi jiwa. Dengan kata lain, asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung orang terhadap kerugian finansial yang tidak terduga, yang disebabkan karena tertanggung meninggal dunia. Lalu apa saja contoh asuransi jiwa yang ada saat ini. 

Ada beberapa contoh produk asuransi jiwa yang memang banyak diminati oleh masyarakat diantaranya adalah; 

1. Asuransi jiwa seumur hidup (whole lifeinsurance). 

Asuransi jiwa jenis memberikan perlindungan seumur hidup, namun perusahaan asuransi biasanya membatasi manfaat perlindungannya hingga hanya 100 tahun. Asuransi jiwa ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan manfaat lebih dari sekadar santunan kematian, yaitu jika Anda ingin perlindungan jiwa sekaligus sebagai tabungan untuk kebutuhan mendadak.

Diantara keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memilih asuransi jiwa jenis ini adalah:

  • Pemegang polis bisa mendapatkan nilai tunai dari premi yang sudah dibayarkan.
  • Jika Anda pada saat tertentu tidak bisa membayar angsuran premi secara teratur bulanan atau tahunan, Anda bisa menggantinya dengan nilai tunai dari premi yang sudah Anda bayar sebelumnya untuk digunakan membayar premi selanjutnya.
  • Premi asuransi yang sudah Anda bayarkan tidak akan hangus jika tidak ada klaim, hal tersebut tentu menguntungkan Anda sebagai pemegang polis.
  • Saat kontrak berakhir, uang pertanggungan akan diberikan seluruhnya.


Selain keuntungan ada juga kekurangan yang dimiliki asuransi seumur hidup ini yaitu:

  • Preminya lebih besar bila dibandingkan dengan premi asuransi jiwa berjangka, bahkan bisa mencapai lebih dari dua kali lipatnya.
  • Nilai tunai dari total premi yang sudah dibayarkan tidak terlalu besar karena bunga untuk asuransi ini biasanya hanya sebesar 4% per tahun, dan angka ini belum dipotong pajak.

Itulah tadi sekilas tentang asuransi jiwa seumur hidup, jika Anda tertarik maka Anda bisa mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu nasabahnya.

mengenal assuransi jiwa
Antara assuransi dan menabung. Sumber gambar : google


2. Asuransi jiwa unit link.

Asuransi jiwa jenis ini merupakan produk yang sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Model asuransi ini metodenya adalah menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Jika Anda tertarik menjadi nasabah asuransi di satu sisi sekaligus ingin berinvestasi Anda bisa memilih jenis asuransi jiwa ini.

Keuntungan dari asuransi jiwa jenis unit link ini adalah: pemegang polis tidak hanya mendapatkan jaminan perlindungan saja melainkan juga imbal hasil dari investasi yang telah dilakukan dengan bunga yang cukup tinggi setiap tahunnya.
Sementara kerugiannya: imbal balik dari investasinya kurang signifikan jika dibandingkan dengan investasi murni serta uang pertanggungan tergolong rendah, jika investasinya gagal atau hanya menghasilkan keuntungan yang kecil.

Itulah dua contoh asuransi jiwa yang bisa kita ikuti, untuk lebih menyakinkan Anda tentang kedua contoh asuransi jiwa di atas, bisa mencari informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/asuransi-jiwa . Setelah mengenal lebiih dulu assuransi jiwa,  barulah kita  bisa memilih asuransi jiwa yang mana yang cocok bagi kebutuhan Anda.
Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar

Terima kasih mau menuliskan komentar disini